Desa Karanganyar Menyandang Status Desa Mandiri di Tahun 2024

Desa Karanganyar Menyandang Status Desa Mandiri di Tahun 2024

--

LAMSEL, MEDIALAMPUNG.CO.ID - Pemerintah Desa Karanganyar Kecamatan Jati Agung Kabupaten Lampung Selatan melaksanakan musyawarah Indeks Desa Membangun (IDM) Tahun 2024 yang dilaksanakan di aula balai desa setempat pada Selasa, 14 Mei 2024.

IDM merupakan indeks komposit yang dibentuk berdasarkan tiga indeks, yaitu Indeks Ketahanan Sosial, Indeks Ketahanan Ekonomi dan Indeks Ketahanan Ekologi/Lingkungan.

Pada pemaparannya, Tenaga Pendamping Teknis Purnomo mengatakan, perangkat indikator yang dikembangkan dalam IDM dikembangkan berdasarkan konsepsi bahwa untuk menuju Desa Maju dan Mandiri.

Lanjutnya, juga perlu kerangka kerja pembangunan berkelanjutan di mana aspek sosial, ekonomi, dan ekologi menjadi kekuatan yang saling mengisi dan menjaga potensi serta kemampuan desa untuk mensejahterakan kehidupan masyarakat.

BACA JUGA:Anggaran Rp2,191 Miliar Disiapkan untuk Penanganan Jaringan Irigasi di Lampung Barat

Kebijakan dan aktivitas pembangunan dan pemberdayaan masyarakat desa harus menghasilkan pemerataan dan keadilan, didasarkan dan memperkuat nilai-nilai lokal dan budaya, serta ramah lingkungan dengan mengelola potensi sumber daya alam secara baik dan berkelanjutan.

Sementara pada penilaian pada IDM Tahun 2024 ini status Desa Karanganyar naik menjadi Desa Mandiri, dengan kenaikan mencapai 1,27 poin. 

Sementara itu Kepala Desa Karanganyar Sumanto dalam sambutannya mengucapkan terima kasih kepada seluruh aparatur dan perangkat desa sehingga Desa Karanganyar di tahun 2024 menyandang status desa mandiri.

"Terimakasih kasih kepada semua aparatur desa yang telah bekerja keras sehingga Karanganyar bisa menyandang menjadi desa mandiri," ujarnya mengawali sambutannya.

BACA JUGA:Pemkab Lampung Barat Anggarkan Rp38,683 Miliar Untuk Penanganan Stunting

Tak lupa Sumanto juga terus mengajak kerjasama dan gotong royong bersama sehingga Desa Karanganyar ini kedepannya bisa lebih baik lagi setiap tahunnya.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: