Lewat Program Ketahanan Pangan, Pekon Kenali Bagikan Bantuan Pupuk Urea

Lewat Program Ketahanan Pangan, Pekon Kenali Bagikan Bantuan Pupuk Urea

--

LAMBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID - Sebanyak 295 kelompok penerima manfaat (KPM) di Pekon Kenali, Kecamatan Belalau, Kabupaten Lampung Barat menerima bantuan pupuk jenis Urea Petro yang merupakan salah satu program pemerintah pekon dari Dana Desa melalui anggaran ketahanan pangan.

Bantuan pupuk yang masing-masing diterima oleh setiap KPM sebanyak 5 Kilogram (Kg) itu disalurkan langsung oleh Peratin Kenali Adi Praja didampingi LHP dan jajaran aparatur pekon bertempat di balai pekon setempat, Rabu 8 Mei 2024.

Diketahui, program ketahanan pangan menjadi salah satu prioritas pemerintah dalam pelaksanaan alokasi dana desa tahun 2024 berdasarkan Permendesa No 7 Tahun 2023 tentang rincian prioritas DD tahun 2024 meliputi BLT DD maksimal 25%, padat karya tunai maksimal 50%, penanganan stunting, ketahanan pangan minimal 20% serta dana operasional pemerintah pekon maksimal 3%.

Adi Praja menjelaskan, bantuan pupuk tersebut merupakan salah satu prioritas program yang tertuang dalam APBP tahun 20204 khususnya dalam penyerapan anggaran ketahanan pangan. 

BACA JUGA:Pekon Trimulyo Bentuk Pasukan PAM Swakarsa Musim Raya Kopi

"Pupuk ini kita bagikan kepada 295 KPM, yang tujuannya untuk membantu masyarakat petani dalam kegiatan usaha tanam, baik kopi maupun jenis tanaman produktif lainnya,"ucap Adi usai menyerahkan bantuan.

Lebih lanjut Adi menjelaskan bahwa program bantuan pupuk ini merupakan hasil dari usulan pada musyawarah pekon dalam penyusunan RKP Pekon tahun 2024 yang kemudian dituangkan dalam APBP dalam bidang ketahanan pangan.

"Jadi, setelah terealisasi langsung kami salurkan ke masyarakat menggunakan sistem kepala keluarga atau KPM, dimana setiap KPM mendapatkan satu sak pupuk berjenis Urea Petro kemasan 5 Kg,"kata Adi.

Adi berharap bantuan yang telah disalurkan dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan produktivitas hasil panen kopi maupun komoditas tanaman produktif lainnya.

BACA JUGA:Penjaringan Balon Kada NasDem, Bambang dan Adi Utama Kembalikan Berkas Sebagai Balon Wabup

“Jika ini memberikan dampak signifikan dalam peningkatan produksi serta bermanfaat untuk terwujudnya kemandirian ketahanan pangan di pekon, insya Allah kehadiran pemerintah dalam sektor ketahanan pangan akan lebih kita tingkatkan di masa mendatang,” tutupnya.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: