Re Akreditasi, Puskesmas Pajar Bulan Menyandang Predikat Paripurna

Re Akreditasi, Puskesmas Pajar Bulan Menyandang Predikat Paripurna

--

LAMBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID - Unit Pelaksana Teknis (UPT) Puskesmas Pajar Bulan, Kabupaten Lampung Barat melaksanakan agenda lima tahunan Re Akreditasi, Selasa 7 Mei 2024.

Hari pertama tahapan Re akreditasi dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes) oleh tim Surveyor dari LPA Komite Akreditasi Kesehatan Pratama (KAKP), yang dilangsungkan selama tiga hari Selasa sampai Kamis tersebut. 

Tim Surveyor LPA KAKP yang hadir dr.Ade Kurniawan, MH.Kes. S.p.KKLP, dan Sri Edy Haspriyono, S.K.M., disambut langsung Kepala Dinas Kesehatan (Kadiskes) Lambar Widyatmoko Kurniawan, Sp.B. Camat Way Tenong Nowo Wibawono, M.Pd., seluruh kepala puskesmas se lambar, dan uspika Kecamatan Way Tenong, tokoh masyarakat dan tokoh agama. 

Dalam pembukaan re akreditasi tersebut juga dilaksanakan kegiatan seremonial penampilan seni adat lampung dan pemutaran video simulasi terhadap upaya penyelamatan dan penanganan bencana alam seperti kebakaran dan gempa bumi di dalam puskesmas. 

BACA JUGA:Bobol Dinding Rumah, Maling Gondol 2 Motor Milik Warga Simpang Sari

Pada sambutannya Widyatmoko Kurniawan, Sp.B. yang akrab disapa Wawan menyampaikan  selamat datang di UPT Puskesmas Pajar Bulan kepada tim surveyor akreditasi puskesmas dari lembaga KAKP yang akan melaksanakan penilaian selama tiga hari secara luring. 

"Ini merupakan suatu kebahagiaan sekaligus kebanggaan bagi kami atas kehadiran bapak ibu supaya sekalian dapat hadir Puskesmas Pajar Bulan semoga membawa berkah dan harapan bagi kita semua," terangnya.

Wawan menambahkan puskesmas yang telah dilakukan penilaian agar akreditasi menjadi puskesmas dengan pelayanan yang mutu menjadi puskesmas memiliki sistem pelayanan, mutu dan kinerja yang baik.

Disampaikannya, akreditasi tidak lain adalah proses validasi dari segala aspek yang dimiliki oleh puskesmas.

BACA JUGA:Tahun Ini, PPM Peserta KB Baru di Lampung Barat Ditarget 14.103

Oleh karena itu besar harapannya kepada Puskesmas Pajar Bulan khususnya untuk dapat memberikan informasi yang sebenar-benarnya, agar di penilaian akreditasi surveyor akan mendapatkan gambaran seberapa besar input, proses dan output pada sistem manajemen puskesmas yang sudah dilakukan oleh puskesmas selama ini.

Tentunya akreditasi sebagai evaluasi dan tindak lanjut puskesmas untuk lebih baik lagi, dan pada akhirnya masyarakat di Kecamatan Way Tenong dapat menjadi puskesmas pilihan utama masyarakat dalam memenuhi kebutuhan terhadap akses pelayanan kesehatan.

Diharapkan dengan bermutu dan berkualitasnya pelayanan di puskesmas juga ini masyarakat tidak perlu untuk keluar wilayah guna mendapatkan pelayanan kesehatan

Lanjut Widiatmoko tahun ini Dinkes Lambar akan melaksanakan 11 re akreditasi Puskesmas yaitu pada Puskesmas Kenali, Puskesmas Sekincau, Puskesmas Pagar Dewa, Puskesmas Sumberjaya, Puskesmas Pajar Bulan, Puskesmas Batu Tulis, Puskesmas Batu Brak, Puskesmas Srimulyo Puskesmas Liwa dan Puskesmas Buay Nyerupa.  

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: