Pemprov Lampung Ikuti Rakor Pengendalian Inflasi, Mendagri : Inflasi Nasional Maret 3,05 Persen

Pemprov Lampung Ikuti Rakor Pengendalian Inflasi, Mendagri : Inflasi Nasional Maret 3,05 Persen

--

MEDIALAMPUNG.CO.ID - Inspektur Provinsi Lampung Fredy mengikuti Rapat Koordinasi (Rakor) Pengendalian Inflasi Daerah melalui Virtual Meeting yang dipimpin oleh Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Republik Indonesia, Muhammad Tito Karnavian, dari Ruang Command Center Lt. II Diskominfotik Provinsi Lampung, Senin 29 April 2024.

Mendagri Tito menyampaikan ucapan terimakasih Presiden Joko Widodo, dimana saat ini hampir semua Kepala Daerah sudah paham tentang inflasi dan cara mengendalikannya.

“Beliau berterima kasih karena sekarang hampir semua Kepala Daerah sudah paham tentang inflasi. Sudah paham, ngerti tentang inflasi dan cara mengendalikannya. Ini lah karena ada Rakor-Rakor kita mingguan seperti ini, sekaligus bisa diupdate terus-menerus karena sangat dinamis,” ucapnya.

Tito juga mengingatkan kembali bahwa Inflasi Nasional Tahun ke Tahun (Maret 2024 terhadap Maret 2023) berada pada angka 3,05%, naik dari sebelumnya yaitu 2,75%. 

BACA JUGA:Sekdaprov Fahrizal Buka Peringatan Harkonas dan Bazar UMKM Sekaligus Perayaan HUT Lampung Ke-60

Hal ini merupakan imbas dari situasi internal yaitu Ramadan dan Hari Raya Idul Fitri, serta situasi global yaitu Perang Rusia-Ukraina dan Konflik di Timur Tengah.

Meskipun masih relatif terkendali, Tito berharap kepala daerah tidak terlena dengan angka 3,05% tersebut karena tidak semua daerah angkanya berada pada kisaran 3,05% dan target range untuk tahun ini adalah di angka 2,5% plus minus 1%, sehingga paling rendah berada di angka 1,5% dan paling tinggi 3,5%.

Selain itu, inflasi dari bulan Januari ke Maret meningkat tajam dari mendekati 0 pada bulan Januari, 0,37% pada bulan Februari, dan 0,52% pada bulan Maret. 

Terutama pada Kelompok Makanan, Minuman, dan Tembakau. 

BACA JUGA:BPBJ Lampung Catat 85 Paket Mulai Tender dari Empat OPD Pemprov Lampung

Adapun Indeks Perkembangan Harga (IPH) Sebagai Proxy Inflasi pada Minggu IV April Tahun 2024 menunjukkan bahwa sebagian besar provinsi di Indonesia cukup bagus karena mengalami deflasi, di mana Provinsi Lampung sendiri berada pada angka -1,48%.

Pada kesempatan yang sama, Plt. Kepala Badan Pusat Statistik Amalia Adininggar Widyasanti melaporkan tentang Tinjauan Inflasi dan Indeks Perkembangan Harga Minggu Ke-4 April 2024.

Dilaporkan bahwa pada Maret 2024, Kelompok Makanan, Minuman, dan Tembakau mengalami inflasi sebesar 1,42% dan andil inflasi sebesar 0,41%. 

Dengan komoditas yang dominan memberikan andil inflasi pada kelompok ini adalah telur ayam ras, daging ayam ras, beras, cabai rawit, bawang putih, dan bawang merah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: