11 Mei 2024, Kloter Pertama Jemaah Haji Lampung Masuk Asrama Haji

11 Mei 2024, Kloter Pertama Jemaah Haji Lampung Masuk Asrama Haji

--

MEDIALAMPUNG.CO.ID - Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Agama mencatat bahwa kelompok terbang (kloter) pertama jemaah haji asal Lampung akan memulai perjalanan ke tanah suci pada tanggal 11 Mei 2024 masuk asrama haji.

Kabid Penyelenggaraan Haji dan Umroh Kanwil Kementerian Agama Provinsi Lampung, Ansori F Citra, menjelaskan bahwa kloter pertama tersebut kemungkinan besar berasal dari Bandar Lampung.

"Kloter pertama jemaah haji asal Lampung akan tiba di asrama haji pada tanggal 11 Mei, dan saat ini sedang disusun detailnya. Kemungkinan besar, kloter pertama berasal dari Bandar Lampung," kata Ansori dalam keterangannya, Rabu 24 April 2024.

Ansori menekankan bahwa dalam proses pengkloteran, pihaknya memberikan prioritas kepada daerah dengan jumlah jemaah haji terbanyak, seperti Bandar Lampung, Lampung Tengah, Lampung Timur, dan Lampung Utara.

BACA JUGA:Jembatan Gantung BPJN Penghubung Desa di Lampura Mulai Dinikmati Masyarakat Sekitar

"Kami berupaya untuk mengisi kloter dengan penuh, terutama untuk daerah-daerah seperti Bandar Lampung, Lampung Tengah, Lampung Timur, dan Lampung Utara yang memiliki lebih dari satu kloter jemaah haji. Daerah lain yang tidak mencapai satu kloter akan digabungkan," jelasnya.

Selain itu, Ansori juga mengungkapkan bahwa saat ini pihaknya sedang menyusun pra manifes untuk pengkloteran, yang akan diikuti dengan pengusulan visa.

"Kami sedang menyiapkan pra manifes untuk pengkloteran, yang merupakan tahapan awal sebelum pengusulan visa. Setelah itu, kami akan mengusulkan visa hingga tanggal 29 April," tambahnya.

Ia juga menyebutkan bahwa proses manasik haji sedang berlangsung, dengan beberapa daerah seperti Lampung Utara dan Lampung Selatan masih melaksanakan kegiatan tersebut.

BACA JUGA:KPU Lampung Sudah Buka Seleksi PPK untuk Pilkada 2024, Berikut Tahapanya

"Proses manasik haji sedang berlangsung, meskipun sebagian besar daerah sudah menyelesaikan kegiatan tersebut. Namun, masih ada beberapa daerah seperti Lampung Utara dan Lampung Selatan yang sedang melaksanakan manasik haji," ucapnya.

Terakhir, Ansori menginformasikan bahwa kuota jemaah haji yang tidak terisi dari Lampung akan dikembalikan ke Provinsi Banten.

"Ada sekitar 59 kuota jemaah haji asal Lampung yang tidak terisi, dan kuota tersebut akan dikembalikan ke Provinsi Banten melalui embarkasi JKG. Begitu juga dengan sekitar 200 kuota dari DKI Jakarta, semuanya akan diserahkan ke Banten," pungkasnya.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: