Jalan Utama Pekon Sukamulya Tertimbun Longsor, Warga Bersama Aparat Berjibaku Bersihkan Longsor

Jalan Utama Pekon Sukamulya Tertimbun Longsor, Warga Bersama Aparat Berjibaku Bersihkan Longsor

--

LAMBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID - Hujan deras yang mengguyur sejumlah wilayah di Kecamatan Sukau, Kabupaten Lampung Barat mengakibatkan bencana tebing longsor yang sempat melumpuhkan akses utama menuju Pekon Sukamulya.

Pada Selasa, 23 April 2024, puluhan warga, bersama aparatur pekon, Bhabinkamtibmas dan Babinsa bergotong royong membersihkan material longsor yang menutup akses jalan sepanjang sekitar 20 Meter.

Pj Peratin Sukamulya Herwanda membenarkan adanya musibah longsor yang terjadi pada Senin malam (22 April 2024) itu. 

Namun berkat upaya cepat tanggap dari masyarakat, kin jalan tersebut sudah dapat dilalui.

BACA JUGA:Penerimaan Anggota Polri, Kapolres Lampung Barat Tekankan Panitia Tidak Menjadi Calo dan Tolak Imbalan

"Kejadiannya tadi malam, akibat guyuran hujan sejak sore hari tebing yang berada di atas jalan utama pekon itu longsor. Beruntung saat kejadian tidak ada warga yang melintas dan tadi pagi warga bersama Aparatur Pekon, Bhabinkamtibmas dan Babinsa sudah bergotong royong membersihkan material longsor sehingga saat lalulintas sudah kembali normal," ujar Herwanda.

Menyikapi cuaca extrim yang masih berlangsung saat ini, pihaknya meminta agar masyarakat waspada terhadap ancaman bencana longsor dan pohon tumbang sewaktu-waktu dapat terjadi.

“Kewaspadaan di tengah cuaca ekstrim saat ini harus terus ditingkatkan, sebab tingginya curah hujan saat ini sangat beresiko menimbulkan bencana longsor maupun pohon tumbang, maka dari itu masyarakat harus selalu waspada terhadap bahaya guna menghindari hal-hal yang tidak diinginkan,” pesannya.

Apalagi, kata dia, wilayah Pekon Sukau terutama pada akses jalan menuju pekon tersebut merupakan wilayah perbukitan yang telah beberapa kali terjadi longsor, sehingga perlu kewaspadaan bersama.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: