9 Bencana Terjadi di Lampung Barat

9 Bencana Terjadi di Lampung Barat

Ilustrasi bencana-AI Image Generator-

LAMBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Lampung Barat mencatat dari Januari hingga Kamis 18 April 2024 telah terjadi sembilan Bencana di kabupaten setempat.

“Hingga saat ini sudah sembilan bencana terjadi di Lampung Barat dan mayoritas pohon tumbang,” tegas Kepala BPBD Padang Prio Utomo, Kamis 18 April 2024.

Menurut Padang, sembilan bencana yang terjadi itu terdiri dari tiga bencana banjir, cuaca ekstrim empat bencana dan non alam dua bencana. 

“Untuk bencana banjir terjadi di Pekon Bandar Agung, Pekon Tembelang dan Pekon Bumi Hantatai Kecamatan Bandar Negeri Suoh, sehingga berdampak terhadap 26,5 hektar areal persawahan dan satu sekolah serta satu rumah mengalami rusak ringan,” kata dia.

BACA JUGA:Awali KBM Pasca Libur Lebaran, Siswa SDN 1 Pura Mekar Laksanakan Sungkeman

Sementara untuk cuaca ekstrim yang mengakibatkan pohon tumbang, lanjut dia, terjadi di jalan nasional lintas Liwa-Gunung Kemala Krui di Pal 8 dan jalan lintas Liwa-Gunung Kemala KM 17 serta jalan nasional lintas Liwa, Pekon Kerang. 

“Untuk dua bencana non alam yaitu satu orang hilang terjadi di Pekon Sukaraja Kecamatan Batu Brak serta satu orang hilang/hanyut terjadi di Way Semaka Kecamatan Bandar Negeri Suoh,” kata dia 

Mengingat Lampung Barat rawan bencana, Padang menghimbau kepada masyarakat untuk tetap waspada, hal ini perlu dilakukan untuk antisipasi agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. 

“Kita imbau masyarakat untuk tetap waspada,” tegas dia.

BACA JUGA:Dukung Program Geserbu, Wartawan Lampung Selatan Bantu Sisihkan Uang

Sekadar diketahui, pada tahun 2023 lalu, jumlah bencana alam yang terjadi di Kabupaten Lampung Barat mencapai 53 bencana dengan jumlah kerugian sebesar Rp2 miliar. 

Sementara untuk korban jiwa tiga orang meninggal dunia, mengungsi 15 orang, warga terdampak 978 jiwa, rumah terendam 248 unit, rusak berat 17 unit, rumah rusak ringan enam unit. Kemudian lahan 20,9 hektar, fasilitas umum pendidikan dua, fasilitas jalan 7 serta fasilitas jembatan 7. *

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: