Makin Meresahkan, Harimau Sumatera Memangsa Ternak Warga BNS Lampung Barat

Makin Meresahkan, Harimau Sumatera Memangsa Ternak Warga BNS Lampung Barat

Ilustrasi-AI Image Generator-

LAMBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID - Harimau sumatera yang teridentifikasi merupakan harimau paling dicari oleh petugas selama dua bulan terakhir dilaporkan telah memangsa ayam jago dan itik (basor/entok) milik Zaenul, warga Pemangku Bumi Agung, Pekon Bumi Hantatai, Kecamatan Bandar Negeri Suoh (BNS), Lampung Barat.

Kepala Taman Nasional Bukit Barisan Selatan (TNBBS) Resort Suoh Sulki, SH., mendampingi Kepala TNBBS Bidang Wilayah II Liwa San Andre Jatmiko, SH., mengungkapkan, unggas milik Zaenul tersebut diperkirakan dimangsa oleh harimau sumatera pada Minggu dini hari tanggal 14 April 2024.

Kejadian harimau memangsa unggas ini sekaligus menjadi kejadian kedua kalinya setelah sebelumnya Sabtu 13 April 2024 sekitar pukul 02.00 WIB berada di sekitar rumah Parian dan memangsa itik.

Menerima laporan adanya unggas warga yang dimangsa harimau, lanjut Sulki, pihaknya  berjumlah enam personil yang terdiri dari satu personil TNI dari Koramil Batu Brak, satu personil Polri dari Polsek BNS, sua personil Polhut Kehutanan Suoh dan didampingi dua orang aparat pekon Pekon Bumi Hantatai menuju lokasi.

BACA JUGA:Bakal Pasangan Calon Perseorangan Pilkada 2024 di Pesisir Barat Belum Terlihat

"Tim melakukan pengukuran jejak dan diperkirakan harimau sumatera tersangka (dari ukuran tapak dan perilaku satwa) dan jejak rusak karena kontur tanah jenis berpasir. Penelusuran jejak disekitar temuan Tapak, diperkirakan jejak menuju Way Tembelang," ungkapnya.

Pada saat kejadian, kata Sulki, pemilik rumah (Zaenul) sedang tidak berada di tempat. 

Melihat jejak yang ada, harimau sumatera tersebut telah mengelilingi sekitar rumah Zaenul.

Dengan adanya temuan tersebut, sambung dia, pihaknya melaksanakan sosialisasi kepada masyarakat yang berada disekitar temuan tapak harimau sumatera agar waspada dan jangan berkebun disekitar temuan jejak yang ditemukan.

BACA JUGA:Pasca Lebaran, Harga Kebutuhan Pokok dan Pangan Pokok di Lampung Barat Relatif Stabil

"Diperkirakan Harimau masih berada di belukar sekitar sungai Way Tembelang (perbatasan pekon Bumi Hantatai dengan pekon Tembelang)," sebutnya.

Untuk diketahui, harimau sumatera telah memangsa dua orang warga Suoh dan BNS selama dua bulan terakhir.  

Selain itu terdapat tiga orang yang juga dilaporkan nyaris dimangsa harimau dan berhasil selamat. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: