Halal Bihalal, Jadi Momentum Keluarga Besar Kankemenag Lampung Barat Rekatkan Tali Silaturahmi

Halal Bihalal, Jadi Momentum Keluarga Besar Kankemenag Lampung Barat Rekatkan Tali Silaturahmi

--

LAMBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID - Keluarga besar Kantor Kementerian Agama Kabupaten Lampung Barat melaksanakan acara Halal Bihalal yang digelar secara sederhana di Masjid Ikhlas Beramal lingkungan Kankemenag setempat pada Selasa, 16 April 2024.

Kegiatan itu dihadiri Kepala Kantor Kankemenag Lambar Drs. Hi. Muhammad Yusuf, M.M.Pd didampingi Kasubbag TU H. Miftahus Surur, S.Ag.,M.Si serta jajaran para Kasi, Penyelenggara, Pengawas dan Staf Kankemenag Lambar

Halal Bihalal merupakan kebiasaan mulia yang kerap dilaksanakan saat Idul Fitri, terutama bagi masyarakat muslim Indonesia. 

Setelah satu bulan melaksanakan puasa Ramadhan, Halal Bihalal dinilai sebagai penyempurna bagi penghapusan dosa dan kesalahan antar sesama manusia. 

BACA JUGA:Rem Blong, Truk Tangki BBM Pertamina Tabrak Tebing di Jalur Sukabumi-Suoh, Lampung Barat

Bentuknya memang khas Indonesia, namun hakikatnya merupakan pengamalan ajaran Islam secara substantif. 

"Idul fitri itu sangat sakral, dalam artian memiliki posisi yang sangat penting untuk saling memaafkan antara keluarga, saudara, kerabat terdekat, dan orang disekitar kita. Hal ini tentu penuh makna dan keberkahan yang patut kita pertahankan," ucap M. Yusuf dalam sambutannya.

Menurutnya, dengan adanya Halal Bihalal ini akan semakin meningkatkan rasa persaudaraan dan tali silaturahmi antar jajaran pegawai Kantor Kementerian Agama Kabupaten Lampung Barat. 

"Meskipun kita laksanakan dengan penuh kesederhanaan, tetapi substansinya yang penting untuk kita maknai. Mungkin, dosa kita kepada Allah SWT dapat dihapuskan dengan istighfar atau ibadah lainnya, tetapi kesalahan antara kita hanya bisa terhapus melalui permaafan ini. Itulah mengapa Halal bihalal itu sendiri sangat penting kita jaga dan lestarikan," tutupnya.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: