Malam 27 Ramadhan, Pemkab Pesisir Barat Gelar Memalam Pitu Likokh

Malam 27 Ramadhan, Pemkab Pesisir Barat Gelar Memalam Pitu Likokh

--

PESBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID — Pemerintah Kabupaten Pesisir Barat (Pesbar), Sabtu 6 Maret 2024 Malam, atau bertepatan dengan malam ke-27 Ramadhan, akan melaksanakan kegiatan Memalam Pitu Likokh yang digelar serentak di seluruh wilayah Kabupaten setempat.

Pelaksanaan Memalam Pitu Likokh di lingkungan Pemkab Pesbar akan terpusat di halaman komplek Perkantoran Pemkab Pesbar dan akan digelar pawai obor mulai dari Tugu Tuhuk menuju Komplek Pemkab Pesbar.

Ketua Dewan Kesenian Pesbar, Hj. Septi Istiqlal., mengatakan tradisi telah lama ada di masyarakat Pesisir Barat. Bahkan sejak penerangan listrik belum menjangkau wilayah Kabupaten setempat.

“Tradisi yang bernama Memalam Pitu Likokh itu menjadi kegiatan rutin kemeriahan yang ditunggu-tunggu oleh masyarakat Pesisir Barat, khususnya anak-anak,” kata dia.

BACA JUGA:Warga Suoh Lampung Barat Selamat dari Terkaman Harimau, Begini Kronologinya

Dijelaskannya, Dewan Kesenian Kabupaten Pesbar ingin kembali mengenang dan bernostalgia dengan tradisi itu dengan menjadikan kegiatan Memalam Pitu Likokh sebagai agenda rutin tahunan. Penyelenggaraannya setiap malam ke-27 Ramadhan.

“Kegiatan ini juga merupakan sebagai salah satu wujud upaya Dewan Kesenian untuk menjaga dan melestarikan budaya yang ada di Pesisir Barat,” jelasnya

Selanjutnya, pihaknya telah menjadwalkan perayaan tradisi tersebut pada Sabtu, 6 April 2024 secara serentak di seluruh pekon yang ada di Kabupaten Pesisir Barat.

“Untuk itu kami menghimbau seluruh masyarakat Pesisir Barat tanpa terkecuali. Untuk bisa membakar susunan batok kelapa. Susunan yang menjulang dengan tinggi setelah selesai shalat tarawih,” ajaknya.

BACA JUGA:Jelang Lebaran, Harga Kebutuhan Pokok dan Pangan Pokok di Lampung Barat Relatif Stabil

Ditambahkannya, dalam pelaksanaan puncak kegiatan tersebut terdapat sejumlah rangkaian kegiatan perlombaan yang akan digelar, seperti lomba pawai obor, lomba bedug, dan lomba video Memalam Pitu Likokh.

“Semoga kegiatan ini nantinya menjadi suatu keberkahan bagi masyarakat Pesisir Barat. Selain sebagai kegiatan menjalin silaturahmi yang lebih erat antar warga,” pungkasnya.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: