Akhirnya, Satker PJN Timbun Jalan Menganga di Pesisir Tengah

Akhirnya, Satker PJN Timbun Jalan Menganga di Pesisir Tengah

--

PESBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID – Satuan Kerja (Satker) Pelaksana Jalan Nasional (PJN) Wilayah II Provinsi Lampung melalui PPK 2.2 telah melakukan penanganan terhadap kondisi badan jalan yang menganga di ruas Jalan Lintas Barat (Jalibar), tepatnya di dibadan jembatan, depan komplek perkantoran Pemkab Pesisir Barat (Pesbar).

Pengawas PPK 2.2 Satker PJN Wilayah II Provinsi Lampung, Winarno, mengatakan, untuk kondisi badan jalan yang menganga di ruas jalinbar tepatnya di depan komplek perkantoran Pemkab Pesbar itu kini sudah ditangani. 

Tapi, masih sementara, karena saat ini sudah mulai memasuki arus mudik lebaran. Sehingga, sebagai upaya untuk kenyamanan pemudik, maka hanya dilakukan penanganan sementara.

“Kedepan di lokasi itu akan ditangani secara permanen, karena memang lubang yang menganga itu tepat di pinggir pembatas badan jembatan,” kata dia.

BACA JUGA:SDN 1 Pajar Bulan Bagi Hasil PTS Sekaligus Salurkan Infaq Siswa Untuk Siswa

Sehingga, lanjutnya, jika tidak dilakukan penanganan secara permanen dikhawatirkan kerusakan di lokasi itu akan meluas dan semakin parah, memang rencananya di lokasi tersebut akan diprint aspal. 

Untuk itu, saat ini hanya dilakukan penanganan sementara dengan penimbunan lubang di badan jalan itu menggunakan pasir dan batu (sirtu) serta pemadatan. 

Hal tersebut sebagai upaya untuk mengantisipasi kecelakaan lalu lintas dan memberikan kenyamanan pemudik.

“Sedangkan, secara keseluruhan untuk kondisi ruas jalinbar di wilayah PPK 2.2 mulai dari perbatasan Tanggamus hingga Kecamatan Pesisir Tengah, Kabupaten Pesbar ini sudah bebas lubang, artinya aman untuk dilalui pemudik,” jelasnya.

BACA JUGA:Hore! Hari Ini THR Guru di Lampung Barat Cair

Diberitakan sebelumnya, Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Pesisir Barat, memasang water barrier di badan jalan menganga yang ada di ruas jalan lintas barat (jalinbar), di Kelurahan Pasar Krui, Kecamatan Pesisir Tengah, tepatnya di badan jembatan, depan komplek perkantoran Pemkab setempat, Rabu 3 April 2024.

Kabid Lalu Lintas dan Angkutan, Ronal Erwanda, S.E., mendampingi Pelaksana Tugas (Plt) Kadishub Kabupaten Pesbar, Ariswandi, S.Sos, M.P., mengatakan bahwa, pemasangan water barrier itu dilakukan untuk mencegah terjadinya kecelakaan lalu lintas (lakalantas) pada musim arus mudik lebaran saat ini.

“Kondisi badan jalan yang menganga itu memang cukup besar, walaupun berada di pinggir jalan tepat di jembatan kecil ruas jalinbar tersebut, tentu sangat membahayakan bagi pengguna jalan yang melintas,” kata dia.

Sehingga, lanjutnya, Dishub Pesbar memasang water barrier sebagai rambu jalan untuk pengendara, agar pengendara dapat mengetahui kondisi badan jalan yang berlubang tersebut. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: