Zakat Fitrah Paling Utama Itu Beras atau Uang? Ini Penjelasan Ustadz Khalid Basalamah

Zakat Fitrah Paling Utama Itu Beras atau Uang? Ini Penjelasan Ustadz Khalid Basalamah

--

MEDIALAMPUNG.CO.ID - Ustadz Khalid Basalamah memberikan penjelasan tentang Zakat Fitrah yang harus ditunaikan.

Ustadz Khalid Basalamah menjawab pertanyaan dari salah satu jamaahnya mengenai Zakat Fitrah.

"Assalamualaikum Ustadz, izin bertanya, jika ada program zakat fitrah di sekolah, apakah guru di sekolah ybs (yang bersangkutan) mendapatkan jatahnya? lalu zakat fitrah yang paling afdol itu pakai beras atau uang? Jazakallahu Khairan Ustadz," tanya salah satu jamaah.

"Kalau masalah program zakat fitrah di sekolah, dan apakah guru di sekolah berhak mendapatkan sebagian jatah dari zakatnya? tergantung keadaanya saudaraku, apakah dia itu mustahiq (Penerima Zakat) atau tidak, karena zakat fitrah itu kata Nabi Shalallahu Alaihi Wassalam 'Tu'matun Lil Masakin' (Makanan untuk orang-orang yang miskin). Berarti memang ada batasan orang-orang miskin di sini, kalau memang dasarnya mereka orang yang berhak mendapatnya, maka itu tidak masalah," jawab Ustadz Khalid Basalamah.

BACA JUGA:Inilah Tanda Seseorang Mendapat Malam Lailatul Qadar

"Ada pertanyaan zakat fitrah pakai beras atau uang? tentu saja yang paling kuat pendapat para ulama adalah menggunakan makanan pokok, karena di Indonesia makan pokoknya beras, maka kita pakai beras," tutup nya.

Untuk pembayaran Zakat Fitrah harus ditunaikan sebelum shalat Idul fitri dilaksanakan. 

Jika waktu Sholat Ied sudah dilaksanakan, maka Zakat Fitrah tidak berlaku lagi. Jika itu dilakukan, maka termasuk sedekah bukan Zakat Fitrah.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: