Harga dan Ketersediaan Bahan Pangan di Pesisir Barat Aman

Harga dan Ketersediaan Bahan Pangan di Pesisir Barat Aman

Ilustrasi bahan pangan pokok yang dijual di pasar-AI Image Generator-

PESBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID – Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP), Kabupaten Pesisir Barat (Pesbar), mencatat ketersediaan dan harga kebutuhan pangan di kabupaten setempat masih aman.

Kadis KPP Pesbar, Unzir, S.P., mengatakan hingga kini pihaknya terus rutin melakukan pemantauan ketersediaan dan harga bahan pangan di sejumlah pasar yang ada di Kabupaten setempat.

“ Pemantauan bahan pangan hingga kini masih rutin kita lakukan di sejumlah pasar, hal itu untuk melihat langsung kondisi pangan di pasaran,” kata dia.

Dijelaskannya, terdapat sejumlah bahan pangan yang menjadi perhatian khusus menjelang lebaran, seperti beras, cabai, bawang merah dan putih daging dan sejumlah bahan pangan lainnya.

BACA JUGA:Pemkab Pesisir Barat Mulai Bersiap Sambut Libur Lebaran

“ Harga dan stok bahan pangan hingga kini masih stabil. Naik dan turunnya harga di pasaran merupakah salah satu yang wajar, apalagi menyambut momen besar sepertti lebaran yang dirayakan oleh sebagian besar masyarakat,” jelasnya.

Menurutnya, pasokan bahan pangan akan selalu tersedia jika distribusi lancar, apalagi sebagian besar bahan pangan di Kabupaten Pesbar berasal dari luar daerah, terutama sayur mayur.

“ Bahan pangan yang tersedia dan berasal dari Kabupaten Pesbar, seperti beras, daging sapi, ikan laut, namun untuk jenis bahan pangan lainnya didatangkan dari luar daerah,” terangnya.

Dikatakannya, pihaknya akan terus memantau ketersediaan bahan pangan di kabupaten setempat, hal itu agar bisa menentukan langkah-langkah yang dapat diambil jika terjadi kenaikan atau kelangkaan bahan pangan.

BACA JUGA:Cegah Terjadinya TPPO, DT2KP Pesisir Barat Perketat Pendaftaran Pekerja Migran

“ Kami berharap harga dan ketersediaan bahan pangan tetap aman hingga lebaran mendatang, sehingga mampu memenuhi kebutuhan masyarakat, sayuran dan bahan pangan lainnya yang berasal dari Lampung Barat kembali normal, dan tidak lagi terkendala jalan longsor,” pungkasnya. *

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: