Pemkab Pesisir Barat Mulai Bersiap Sambut Libur Lebaran

Pemkab Pesisir Barat Mulai Bersiap Sambut Libur Lebaran

--

PESBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID – Pemerintah Kabupaten Pesisir Barat (Pesbar), Rabu 27 Maret 2024, bertempat di ruang rapat sekda lantai tiga Gedung A Komplek Perkantoran Pemkab setempat menggelar rapat persiapan menyambut hari raya Idul Fitri 1445 Hijriyah.

Hadir dalam kesempatan itu, Pj. Sekda Pesbar Drs. Jon Edwar, M.Pd., Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesra, Audi Marpi, M.M., Kabag Ops Polres Pesbar, AKP. Abdul Rasyid., Perwakilan Kodim 0422/Lampung Barat, sejumlah kepala OPD dan pihak terkait lainnya.

Dalam kesempatan itu, Jon Edwar., mengatakan menjelang lebaran tahun 2024, banyak yang harus dipersiapkan oleh pemerintah Kabupaten setempat bersama Forkopimda, mulai dari ketersediaan dan harga pangan, arus lalu lintas, hingga pengamanan di lokasi wisata.

“ Banyak yang harus kita persiapkan dalam menyambut lebaran ini, seperti memastikan harga pangan terjangkau dan ketersediaannya aman, arus lalu lintas aman dan upaya pencegahan kecelakaan lalu lintas, serta pengamanan lokasi wisatawan agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan,” kata dia.

BACA JUGA:Cegah Terjadinya TPPO, DT2KP Pesisir Barat Perketat Pendaftaran Pekerja Migran

Dijelaskannya, Kabupaten Pesbar merupakan daerah wisata, sehingga tidak menutup kemungkinan kunjungan wisata selama lebaran akan meningkat, dan kondisi itu yang harus diwaspadai dan diantisipasi.

“ Kita harus mempersiapkan segala sesuatunya, sehingga hal-hal yang tidak diinginkan selama libur lebaran tersebut tidak terjadi, salah satunya adanya kecelakaan laut yang membuat pengunjung tenggelam,” jelasnya.

Menurutnya, wisatawan yang datang ke Kabupaten Pesbar saat lebaran mendatang diperkirakan berasal dari sejumlah daerah, seperti Kabupaten Lampung Barat, Lampung Utara, Lampung Tengah bahkan dari Ogan Komering Ulu (OKU) Selatan.

“ Kedatangan wisatawan ke Kabupaten Pesbar terutama yang melalui Kabupaten Pesbar akan terhambat adanya jalan longsor yang masih dalam proses pengerjaan hingga sekarang,” ujarnya.

BACA JUGA:Bahas Persiapan Manasik Haji, PHU Kankemenag Lambar Gelar Rakor

Ditambahkannya, dalam memastikan keamanan selama libur lebaran itu, serta menyambut arus mudik, Pemkab Pesbar menyiapkan 11 posko yang tersebar di sejumlah titik disepanjang Kabupaten Pesbar.

“ Akan ada 11 titik posko yang kita persiapkan, masing-masing posko akan dijaga oleh tim gabungan, karena itu kami harapkan kerjasama semua pihak bisa terjalin dengan maksimal,” pungkasnya.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: