Kasus DBD Meningkat, Pemprov Keluarkan Edaran Kesiapsiagaan

Kasus DBD Meningkat, Pemprov Keluarkan Edaran Kesiapsiagaan

--

BACA JUGA:Ini Nama Peserta Lulus Seleksi Administrasi JPTP Pemprov Lampung

Lokasi nya ada di lingkungan rumah, sekolah, kantor, tempat-tempat umum, rumah ibadah serta tempat-tempat penularan potensial lainnya.

Dimana PSN-3M PLUS tersebut yakni dengan menguras atau membersihkan tempat-tempat yang bisa menjadi tempat penampungan air, seperti bak mandi, ember penampungan air, penampung lemari es, tatakan dispenser.

Kemudian menutup rapat tempat-tempat penampungan air, seperti drum, tong air juga  memanfaatkan kembali atau mendaur ulang barang bekas yang memiliki potensi tempat perkembangbiakan nyamuk penular DBD.

Kemudian menabur bubuk larvasida, menggunakan obat nyamuk, menggunakan kelambu saat tidur, memelihara ikan pemangsa jentik nyamuk, menanam tanaman pengusir nyamuk.

BACA JUGA:Gubernur Arinal Hadiri Pengukuhan Junanto sebagai Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Lampung

Kemudian mengatur cahaya ventilasi rumah, menghindari kebiasaan menggantung pakaian di dalam rumah yang bisa menjadi tempat istirahat nyamuk.

Melibatkan setiap kepala keluarga atau rumah dalam pemeriksaan, pemantauan, dan pemberantasan jentik nyamuk melalui PSN 3M PLUS tersebut, dan menunjuk salah satu anggota keluarga untuk menjadi jumantik di rumahnya sendiri.

Selanjutnya memantau peningkatan kasus DBD di wilayah masing-masing dan segera melakukan intervensi langsung jika terjadi peningkatan, disamping upaya pencegahan secara rutin melalui PSN.

Mengaktifkan kembali Pokjanal DBD melalui forum ini semua langkah komunikasi, koordinasi dan kolaborasi dapat dilakukan oleh segenap jajaran guna mengantisipasi peningkatan kasus DBD.

BACA JUGA:Disdikbud Pesisir Barat Upayakan Perbaikan Gedung SDN 101 Krui

Kemudian memastikan kembali ketersediaan sarana dan prasarana kegiatan pengendalian DBD termasuk PSN 3M-Plus dan melakukan monitoring dan evaluasi terkait upaya yang telah dilakukan dalam rangka mengantisipasi peningkatan kasus. *

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: