Kabar Baik, RSUD Abdul Moeloek Lampung akan Miliki Program Pendidikan Dokter Spesialis Anak

Kabar Baik, RSUD Abdul Moeloek Lampung akan Miliki Program Pendidikan Dokter Spesialis Anak

--

MEDIALAMPUNG.CO.ID - Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Abdul Moeloek Provinsi sedang menjajaki kerjasama dengan Rumah Sakit Anak dan Bunda (RSAB) Harapan Kita untuk mendirikan Program Pendidikan Dokter Spesialis (PPDS) bidang anak.

Menurut Direktur RSUD Abdul Moeloek, dr. Lukman Pura, Sp.PD., K-GH., MHSM, FINASIM, kerjasama ini bertujuan untuk mendirikan program pendidikan dokter spesialis (PPDS) anak.

"Kerjasama ini dalam konteks pengembangan sumber daya manusia (SDM) dan juga akselerasi transformasi kesehatan khususnya dalam pengadaan tenaga spesialis," kata Lukman ,Senin 25 Maret 2024.

RSUD Abdul Moeloek akan menjadi bagian dari jejaring pendidikan dokter spesialis anak dengan sistem berbasis rumah sakit.

BACA JUGA:Sisa 2 Hari Lagi, Kemenag Lampung Imbau Semua Pihak Selesaikan Pelunasan Bipih

"Jadi Insyaallah kita akan menjadi jejaring pendidikan spesialis anak, termasuk kebidanan. Tapi kalau untuk kebidanan kita sudah ada," jelasnya.

Pada kesempatan tersebut, Lukman juga menyampaikan rasa terima kasih kepada Kementerian Kesehatan atas penunjukan RSUD Abdul Moeloek sebagai bagian dari jejaring pendidikan dokter spesialis anak.

"Ini suatu kehormatan untuk kami setelah ini sekitar dua sampai tiga tahun kedepan kita akan menjadi rumah sakit pendidik sendiri. Jadi kita bagian dari Rumah Sakit Penyelenggaraan Pendidikan Utama Anak," terangnya.

Kerjasama ini direncanakan akan direalisasikan pada bulan Juli 2024 melalui penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU).

BACA JUGA:Ini Nama Peserta Lulus Seleksi Administrasi JPTP Pemprov Lampung

"Jadi sesegera mungkin kami akan melaporkan kepada Pemprov Lampung bahwa ini bagian dari kehormatan dan kemajuan yang telah berhasil kita capai," jelasnya.

Menurut Lukman, mahasiswa dokter spesialis anak akan mendaftar melalui Kementerian Kesehatan dan menjalani pendidikan di RSAB Harapan Kita, dengan adanya pertukaran residen yang magang di RSUD Abdul Moeloek.

"Lalu ada pertukaran atau kiriman residen yang magang di RSUD Abdul Moeloek. Nanti dokter melalui diklat akan dapat kebebasan untuk mengikuti pendidikan itu," ungkapnya.

RSUD Abdul Moeloek di bawah kepemimpinan Gubernur Arinal mendapat apresiasi sebagai salah satu pengampu program strategis di Provinsi Lampung dan juga sebagai lokasi pendidikan dokter spesialis.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: