Sebagian Pedagang Takjil di Pesisir Barat Belum Memakai Masker dan Sarung Tangan Plastik

Sebagian Pedagang Takjil di Pesisir Barat Belum Memakai Masker dan Sarung Tangan Plastik

--

PESBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID – Dinas kesehatan (Diskes) Kabupaten Pesisir Barat (Pesbar) selama bulan Ramadhan 1445 Hijriah, akan terus melakukan pengawasan dan pengecekan makanan maupun minuman terutama jajanan takjil baik yang dijual di setiap pasar tradisional, di pinggir jalan, maupun lokasi lainnya yang ada di wilayah Puskesmas se-Kabupaten setempat.

Plt.Kadiskes Kabupaten Pesbar, Suryadi, S.IP, M.M., mengatakan bahwa, sebelumnya Diskes Pesbar juga telah menyampaikan surat ke seluruh Puskesmas di Kabupaten Pesbar ini agar dapat melakukan pengecekan dan pengawasan takjil, baik makanan maupun minuman selama bulan Ramadhan 1445 Hijriah di wilayah kerjanya masing-masing. 

Hal itu sebagai upaya untuk memastikan makanan dan minuman takjil yang dijual dipasaran itu benar-benar aman dikonsumsi.

“Pengecekan yang dilakukan oleh petugas Puskesmas maupun Diskes Pesbar yang rutin selama Ramadhan itu bukan hanya dilakukan di satu tempat saja, namun juga di beberapa lokasi lainnya di wilayah kerja Puskesmas masing-masing,” katanya.

BACA JUGA:Selain Bahan Pokok, Ketersediaan BBM dan Elpiji Jelang Lebaran Jadi Perhatian Forkopimda Lampung Barat

Dijelaskannya, dari hasil pengecekan yang dilakukan oleh petugas kesehatan di Kabupaten Pesbar ini masih ditemukan beberapa penjual takjil yang belum menggunakan tempat di lokasi tempat jualannya. 

Selain itu juga masih banyak ditemukan pedagang takjil yang tidak menggunakan masker, serta tidak  menggunakan sarung tangan plastik saat berjualan.

“Karena itu, Diskes Pesbar melalui Puskesmas dalam pengecekan dan pengawasan jajanan takjil juga sekaligus memberikan edukasi kepada pedagang agar dapat menjual makanan dan minuman takjil itu dapat mengutamakan kebersihannya,” jelasnya.

Selain itu juga, kata dia, petugas kesehatan juga memberikan edukasi kepada pedagang agar takjil yang dijual di pasaran itu tidak menggunakan bahan-bahan yang berbahaya bagi kesehatan masyarakat, artinya aman dikonsumsi. 

BACA JUGA:KPU Lampung Barat Gelar Lomba Maskot dan Jingle Pilkada 2024, Hadiah Uang Tunai Jutaan Rupiah Disiapkan

Sejauh ini juga belum ditemukan adanya makanan dan minuman takjil yang mengandung zat atau bahan berbahaya bagi kesehatan. 

Diskes Pesbar juga mengimbau kepada masyarakat untuk selektif dalam membeli jajanan takjil baik makanan maupun minuman.

“Pengawasan dan pengecekan jajanan takjil tentu akan terus dilaksanakan selama Ramadhan ini. Dalam pengawasan yang dilakukan juga sekaligus membagikan masker dan juga sarung tangan plastik kepada pedagang takjil,” tandasnya.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: