Pemprov Lampung Adakan Gerakan Pangan Murah di PKOR Way Halim

Pemprov Lampung Adakan Gerakan Pangan Murah di PKOR Way Halim

--

MEDIALAMPUNG.CO.ID - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Lampung, melalui Dinas Ketahanan Pangan Tanaman Pangan dan Holtikultura (KTPTH), telah mengadakan Gerakan Pangan Murah (GPM) di PKOR Way Halim pada Sabtu 23 Maret 2024 pagi.

Pembeli, terutama ibu-ibu, membanjiri stand GPM.

Berdasarkan pantauan beras menjadi barang pertama yang habis diikuti oleh cabai, bawang merah, bawang putih, dan gula

Harga barang kebutuhan pokok yang ditawarkan antara lain beras SPHP Rp53.000 per 5 kilogram, telur ayam ras Rp28.000 per kilogram, cabai merah keriting Rp34.000 per kilogram, dan cabai rawit merah Rp30.000 per kilogram.

BACA JUGA:Kepala Dinas Sosial Lampung Aswarodi akan Dilantik Sebagai Pj Bupati Lampung Utara

Selain itu, ada juga cabai caplak Rp35.000 per kilogram, bawang putih Rp35.000 per kilogram, bawang merah Rp26.000 per kilogram, minyak goreng Rp15.000 per liter, gula pasir Rp16.000 per kilogram, dan tepung terigu Rp12.000 per kilogram.

Ely Nuratni Sari, Kabid Ketersediaan dan Distribusi Pangan di Dinas KTPTH Provinsi Lampung, menyatakan bahwa GPM merupakan upaya bersama pemerintah provinsi untuk menjaga stabilitas pasokan dan harga kebutuhan pokok guna mencegah kenaikan inflasi.

"Kegiatan gerakan pangan murah ini bekerjasama dengan Pemerintah Provinsi Lampung dalam hal ini dinas KPTPH. Dengan tujuan untuk menjaga stabilitas pasokan dan harga pangan guna mencegah terjadinya kenaikan inflasi," jelas Ely

Gerakan ini akan digelar sebanyak 14 kali pada tingkat provinsi dan 2 kali pada tingkat kabupaten/kota. 

BACA JUGA:Gubernur Arinal Hadiri Pengukuhan Junanto sebagai Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Lampung

Jika terjadi kenaikan inflasi, kegiatan ini tetap akan dilaksanakan. Gerakan pangan murah juga akan ditingkatkan menjelang hari besar keagamaan nasional.

Selain itu, dalam upaya mengikuti Indeks Harga Konsumen (IHK), gerakan pangan murah akan dilakukan terutama di daerah yang menjadi pantauan inflasi oleh Badan Pusat Statistik (BPS).

 Rencananya, gerakan tersebut akan dilaksanakan pada tanggal 3 dan 4 April di lapangan Korpri kantor Gubernur Lampung, serta di Lampung Selatan dan Bandar Lampung.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: