Lama Terpasang, Satelit BAKTI Tak Kunjung Aktif

Lama Terpasang, Satelit BAKTI Tak Kunjung Aktif

--

LAMBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID - Pemerintah Pekon Sukajaya, Kecamatan Pagar Dewa, Kabupaten Lampung Barat (Lambar) mempertanyakan kapan mulai di aktifkannya jaringan satelit internet BAKTI bantuan dari Kementerian Komunikasi dan Informasi (Kemenkominfo) RI yang di pasang menjelang akhir tahun 2023 lalu.

Pertanyaan itu di dasari, lantaran saat pemasangan petugas menyebutkan akan mulai diaktifkan awal tahun tepatnya Januari, namun hingga saat ini telah memasuki pertengahan Maret jaringan internet tersebut masih seperti saat dipasang awal atau belum dilakukan aktivasi.

Peratin Febra Saputra menyampaikan pertama ucapan terima kasih kepada pemerintah khususnya Diskominfo Lambar yang telah menyalurkan bantuan satelit bakti tersebut. 

Dimana dengan adanya bantuan itu akan membantu mempermudah dan memperkuat jaringan internet pertama di pekan itu yang memiliki kendala blank spot.

BACA JUGA:Sambut Bulan Ramadhan PSHT Rayon Sukajaya Baksos Bersih Lingkungan

Namun, dari pemasangan lebih kurang November 2023 kemarin hingga saat ini jaringan itu belum dapat difungsikan karena belum terkoneksi sehingga hanya menjadi hiasan saja baik seperti yang ada di luar balai pekon maupun peralatan di dalamnya.

"Saat pemasangan waktu itu, disampaikan Januari kemarin itu mulai diaktifkan akan tetapi hingga sekarang memasuki pertengahan Maret belum juga ditangani untuk digunakan sebagaimana mestinya diantaranya mempermudah aparatur pekon dalam penggunaan internet kebutuhan administrasi yang saat ini sebagian besar telah menerapkan sistem online," ungkapnya.

Sehingga atas dasar itu Febra berharap kepada petugas terkait yang membidangi masalah bantuan bakti tersebut untuk dapat mengaktifkan sebagaimana janji yang telah disampaikan sebelumnya, supaya jaringan itu dapat dimanfaatkan bukan saja untuk laporan administrasi perkan namun juga dalam mengatasi kondisi bank spot yang menjadi salah satu kendala komunikasi di pekon tersebut.

Petugas Pendamping Lokal Desa (PLD) Arif Rahman, memberikan dukungan atas usulan yang disampaikan oleh peratin, untuk pengaktifan jaringan bakti itu yang manfaatnya sangat besar untuk kebutuhan komunikasi ataupun pelaporan online sebagaimana disampaikan peratin.

BACA JUGA:Target PLN, Tahun Ini Jaringan Listrik di Pekon Sidorejo-Roworejo akan Dibangun

"Kami sangat mendukung agar jaringan bakti tersebut dapat dimanfaatkan secepat mungkin karena kita mengetahui saat ini internet menjadi salah satu kebutuhan yang tidak bisa dipisahkan dalam kehidupan baik itu masyarakat maupun di bidang pemerintahan, tapi halnya laporan kegiatan yang cepat dan tepat," imbuhnya. 

Di sisi lain ia juga membenarkan karena kondisi geografis dalam di perbukitan salah satu kendala yang terus disuarakan masyarakat kepada pemerintah ataupun perusahaan penyedia jasa internet adalah peningkatan kapasitas jaringan. Dan BAKTI merupakan salah satu solusi dari kondisi yang terjadi itu. *

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: