Kepala Diskopdag Silaturahmi dan Temu Kemitraan Dengan Pimpinan Perbankan di Lampung Barat

Kepala Diskopdag Silaturahmi dan Temu Kemitraan Dengan Pimpinan Perbankan di Lampung Barat

Diskopdag Lampung Barat temu kemitraan dengan pimpinan perbankan--

BACA JUGA:M Yusuf Tekankan Pelaporan e-RKAM Harus Akurat dan Tepat Sasaran

Seraya menambahkan, sektor UMKM khususnya di Kabupaten Lampung Barat masih memiliki permasalahan yang harus diselesaikan diantaranya yaitu permodalan yang terbatas, digitalisasi yang belum maksimal, terbatasnya akses pasar, keterbatasan kemampuan Sumber Daya Manusia (SDM), terbatasnya sarana dan prasarana serta terbatasnya SDM Pendamping UMKM. 

“Adapun kegiatan yang telah dilaksanakan yaitu pendampingan usaha, penyediaan layanan sekolah UMKM, penyediaan akses pembiayaan dan peningkatan kemudahan perizinan. Selain itu, pelatihan teknis dan manajerial, sertifikasi dan standarisasi, penguatan branding produk UMKM serta peningkatan jaringan masyarakat,” kata dia.

Pemerintah daerah, kata Tri Umaryani, juga telah memfasilitasi pelaku UMKM yaitu Pusat Layanan Usaha Terpadu KUMKM, gedung promosi produk IKM serta pasar tematik wisata jelajah Danau Ranau.

“Kedepan, kerjasama yang akan dilakukan yaitu membangun kolaborasi berkelanjutan, perluasan akses pasar, penyediaan pojok UMKM lokal, sinergi penyediaan akses pembiayaan serta transformasi digital UMKM,” pungkas dia.

BACA JUGA:Partisipasi Pemilih di Pemilu Lampung Barat 2024 Diatas Target Nasional

Ia menambahkan, mengingat pentingnya UMKM bagi perekonomian dan untuk memaksimalkan pengelolaan potensi daerah Kabupaten Lampung Barat oleh UMKM, maka kolaborasi berbagai pihak sangat diharapkan untuk dapat menyelesaikan permasalahan yang ada serta memaksimalkan pengelolaan potensi daerah sehingga produk yang dihasilkan bisa bersaing di pasar domestik dan global.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: