Kepala Diskopdag Silaturahmi dan Temu Kemitraan Dengan Pimpinan Perbankan di Lampung Barat

Kepala Diskopdag Silaturahmi dan Temu Kemitraan Dengan Pimpinan Perbankan di Lampung Barat

Diskopdag Lampung Barat temu kemitraan dengan pimpinan perbankan--

LAMBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID - Kepala Dinas Koperasi UKM dan Perdagangan (Diskopdag) Kabupaten Lampung Barat Tri Umaryani, S.P, M.P melakukan silaturahmi dan temu kemitraan dengan para pimpinan Perbankan di Gedung Pusat Layanan Usaha Terpadu (PLUT), Komplek Pemkab Lampung Barat, Rabu 6 Maret 2024.

Ada lima perbankan yang hadir yaitu Bank Lampung, Bank Negara Indonesia (BNI), Bank Rakyat Indonesia (BRI), Bank Mandiri dan Bank Syariah Indonesia (BSI).

Dihadapan pimpinan Perbankan, Kepala Diskopdag Tri Umaryani mengatakan potensi sektor UMKM berperan penting dalam penyerapan tenaga kerja dan peningkatan PDB nasional. 

Jumlah UMKM Indonesia yang mencapai 64,19 juta, berkontribusi terhadap PDB sebesar 61.97% dari total PDB dan menyerap tenaga kerja sebanyak 116,9 juta.

BACA JUGA:Jumlah Pekon Berstatus Tertinggal di Pesisir Barat Menurun

Tentu hal ini menjadi potensi yang sangat besar dalam hal upaya pemulihan ekonomi nasional bahkan peningkatan ekonomi nasional secara keseluruhan.

Selain itu, sektor UMKM berperan penting ketahanan perekonomian nasional.

“UMKM dapat membuat fundamental ekonomi menjadi lebih tangguh karena semua sektor diperankan oleh unit-unit kecil dan ditangani langsung oleh masyarakat umum sehingga lebih bisa bertahan dibandingkan sektor usaha besar,” tegas Tri Umaryani. 

Lebih jauh dia mengungkapkan, sektor UMKM juga berkontribusi dalam peningkatan PDRB sektor perdagangan di Kabupaten Lampung Barat. 

BACA JUGA:Polisi Sahabat Anak, Polres Pesisir Barat Terima Kunjungan TK IT Insan Cendekia

Dari tahun 2019 terjadi peningkatan produk domestik regional bruto sektor perdagangan Kabupaten Lampung Barat yang cukup signifikan.

“Jumlah UMKM di Kabupaten Lampung Barat terus mengalami peningkatan, dimana pada tahun 2020 jumlah UMKM mencapai 7.667 UMKM, 8.747 UMKM untuk tahun 2021, serta tahun 2022 mengalami peningkatan berjumlah 9.736 UMKM,” bebernya. 

Tri Umaryani mengatakan, Kabupaten Lampung Barat memiliki potensi daerah yang sangat menjanjikan di berbagai sektor seperti perkebunan, sektor pertanian dan perikanan serta sektor pariwisata yang diharapkan dapat dimaksimalkan oleh sektor UMKM Pengelolaannya sehingga berdampak bagi peningkatan kesejahteraan masyarakat. 

“Dengan adanya berbagai potensi dari sektor UMKM serta potensi daerah Kabupaten Lampung Barat pada berbagai sektor secara tidak langsung membuka peluang agar sektor UMKM dapat lebih maju dan berkembang,” kata dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: