Soal Antrean BBM di SPBU Liwa, Begini Penjelasan Pihak Pengelola

Soal Antrean BBM di SPBU Liwa, Begini Penjelasan Pihak Pengelola

--

LAMBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID - Antrean panjang kendaraan yang akhir-akhir ini terjadi di SPBU Liwa disebabkan adanya keterlambatan dalam pendistribusian pasokan bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi.

Kondisi itu tak pelak membuat kendaraan baik sepeda motor maupun mobil harus rela mengantre panjang untuk mendapatkan pasokan BBM bersubsidi, terutama jenis Pertalite.

Kepala Pengelola SPBU Liwa, Dedy Aryansah tak menampik kondisi tersebut, menurutnya antrean yang terjadi bukan karena stok BBM yang kurang atau langka, hanya saja ada keterlambatan dalam pendistribusian seperti yang terjadi pada Senin (4 Maret 2024), yang mana proses pembongkaran tangki BBM baru selesai pada pukul 6:30 WIB.

"Kalau pasokan (BBM Bersubsidi) aman, hanya ada keterlambatan dalam pendistribusian, contohnya pagi tadi, mobil tangki baru selesai bongkar pukul 6:30 WIB, sehingga sempat terjadi antrean selama setengah jam, setelah itu baru normal," kata Dedy.

BACA JUGA:HUT Persit Candra Kirana Cabang Lampung Barat ke-78 Diwarnai Aksi Donor Darah

Kendati begitu, Dedy menilai, antrean yang sering terjadi di SPBU Liwa merupakan hal wajar, mengingat SPBU itu merupakan satu-satunya yang berada di pusat Kota Liwa. 

"Mungkin kalau antre sedikit wajar, karena ini cuma ada satu SPBU di Liwa, jadi tidak sebanding dengan banyaknya kendaraan," kata dia.

Sebagai informasi, Dedy juga menambahkan saat ini SPBU Liwa mulai menerapkan sistem digitalisasi Pertamina, sehingga setiap pengisian BBM bersubsidi petugas terlebih dahulu akan menginput nomor polisi setiap kendaraan baik roda dua (R2) ataupun roda empat (R4).

"Jadi dalam penerapan sistem digitalisasi Pertamina ini setiap transaksi pengisian Pertalite dan Biosolar diawasi langsung di dashboard Pertamina melalui penginputan nopol kendaraan bermotor," papar dia.

BACA JUGA:Bawaslu Lampung Barat Temukan Pergeseran Suara Milik Caleg

Selanjutnya untuk pasokan BBM bersubsidi, pihaknya juga memastikan ketersediaan stok selalu mencukupi, kecuali menjelang hari-hari besar, seperti lebaran pihak Pertamina akan menambah jumlah alokasi guna menjamin ketersediaan BBM agar tetap aman di tengah meningkatnya aktivitas kendaraan.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: