Nelayan Diminta Maksimal Gunakan GPS Saat Melaut

Nelayan Diminta Maksimal Gunakan GPS Saat Melaut

Ilustrasi GPS-Freepik.com@vecstock-

PESBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID — Dinas Perikanan Kabupaten Pesisir Barat (Pesbar) meminta kepada seluruh nelayan yang telah memiliki alat Global Positioning System (GPS) untuk dapat memaksimalkan penggunaan peralatan GPS itu saat pergi mencari ikan di laut, sebagai salah satu upaya untuk mengantisipasi nelayan tersesat di laut.

Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Pesbar, Armen Qodar, S.P, M.M., mengatakan, peralatan saat melaut salah satunya yakni GPS sangat penting bagi nelayan, terutama nelayan yang mencari ikan dengan jarak yang jauh ditengah laut. 

Karena dengan alat GPS itu sebagai koordinat bagi nelayan untuk mengetahui arah pulang.

“GPS sangat penting, sehingga harus benar-benar maksimal digunakan oleh nelayan saat melaut. Untuk itu, penggunaan GPS harus menjadi perhatian bagi nelayan terutama yang memang sudah memiliki alat GPS,” katanya.

BACA JUGA:Babinsa Komandoi Gotong Royong Warga Pekon Karang Agung

BACA JUGA:Cek! Ini Nama Perusahaan Telekomunikasi Mendirikan Menara di Lampung Barat akan Dikenakan PBB-P2

Terlebih, kata dia, sebelumnya Dinas Perikanan setempat telah menyerahkan bantuan kepada nelayan perikanan tangkap di Pesbar sebanyak 110 unit alat GPS, dan 372 jaket pelampung. 

Karena itu, bagi nelayan yang telah menerima bantuan GPS agar benar-benar dimaksimalkan penggunaannya. 

Begitu juga jika masih ada nelayan yang belum mengetahui tata cara penggunaannya itu agar dikoordinasikan ke Dinas perikanan setempat.

“Bagi nelayan yang belum paham untuk mengoperasikan alat GPS itu bisa datang langsung ke kantor Dinas Perikanan, nanti ada petugas yang akan memberikan penjelasan tentang cara menggunakan GPS itu,” ujarnya.

BACA JUGA:SMK Bhakti Wiyata Pampangan Tambah 2 Jurusan, Salah Satunya Kesehatan Apoteker

BACA JUGA:Wakil Rois Syuriah MWCNU Balik Bukit Himbau Masyarakat Kembali Menata Hati Bersatu dan Damai Pasca Pemilu

Masih kata dia, selain penggunaan alat GPS yang harus dimaksimalkan, pihaknya juga minta nelayan benar-benar memperhatikan perlengkapan peralatan keselamatan lainnya saat melaut.

Seperti menggunakan jaket pelampung, peralatan kunci-kunci mesin perahu, stok bahan bakar minyak (BBM) mesin perahu, hingga perbekalan dan sebagainya sebagai antisipasi terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan saat melaut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: