Total Kerugian Kebakaran Balai Pekon Way Haru Capai Rp900 Juta Lebih

Total Kerugian Kebakaran Balai Pekon Way Haru Capai Rp900 Juta Lebih

--

PESBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID — Pasca terjadinya musibah kebakaran yang meludeskan Balai Pekon Way Haru Kecamatan Bangkunat, Kabupaten Pesisir Barat (Pesbar) beserta isinya, Kamis 29 Februari 2024, itu dengan total kerugian ditaksir mencapai 900 juta lebih.

Peratin Way Haru, Dian Setiawan, mengatakan, setelah terjadinya musibah kebakaran yang melanda Balai Pekon Way Haru hingga seluruh bangunan ludes terbakar beserta barang-barang didalam balai Pekon itu, pihaknya langsung melakukan pengecekan dan pendataan terhadap jumlah kerugian akibat kebakaran tersebut.

“Dari hasil pendataan itu total semua kerugian mencapai Rp900 juta lebih baik kerugian bangunan maupun semua barang-barang yang ada di dalam balai Pekon itu yang habis terbakar,” katanya, Jumat 1 Maret 2024.

Dijelaskannya, mengenai adanya musibah tersebut pihaknya juga akan berkoordinasi sekaligus melaporkan secara tertulis termasuk kerugian akibat musibah kebakaran Balai Pekon Way Haru tersebut ke Pemkab setempat.

BACA JUGA:Bencana Banjir dan Longsor Landa Wilayah Belalau dan Batu Brak

Rencananya jika tidak ada hambatan memang akan dilaksanakan hari ini.

Sehingga, kedepan diharapkan agar Pemkab setempat juga dapat memberikan solusi mengenai musibah kebakaran yang melanda Balai Pekon tersebut.

“Balai Pekon merupakan aset Negara, karena itu kita akan langsung berkoordinasi dengan Pemkab setempat, mudah-mudahan kedepan ada solusinya. Terlebih kondisi kerugian akibat musibah tersebut tidak sedikit,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pesbar, Imam Habibudin, mengatakan, Balai Pekon merupakan fasilitas umum, dan menurut Peraturan Bupati itu tidak masuk dalam kategori yang mendapat bantuan.

BACA JUGA:Linmas terancam tidak dapat Insentif tahun 2024

Namun Pemerintah Pekon diminta untuk melaporkan ke Pemkab setempat, agar mendapat perhatian.

“Karena itu, dengan adanya kejadian kebakaran yang meludeskan Balai Pekon Way Haru itu diharapkan Pemerintah Pekon bisa langsung berkoordinasi ke Pemkab Pesbar dan nanti akan di disposisikan pimpinan, baru bisa ditindaklanjuti seperti apa,” pungkasnya.

Diberitakan sebelumnya, diduga akibat arus pendek (korsleting) panel listrik tenaga surya, Balai Pekon Way Haru Kecamatan Bangkunat, Kabupaten Pesisir Barat (Pesbar) ludes terbakar sekitar pukul 13.00 WIB, Kamis 29 Februari 2024.

Meski tidak ada korban jiwa, tapi kerugian akibat musibah kebakaran itu ditaksir mencapai ratusan juta rupiah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: