Ibadah Umroh Warga Lampung Tahun 2023 Mencapai 9.411 Orang

Ibadah Umroh Warga Lampung Tahun 2023 Mencapai 9.411 Orang

--

MEDIALAMPUNG.CO.ID - Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Lampung melaporkan bahwa pada tahun 2023, 9.411 warga Lampung melaksanakan ibadah umroh

Kabid Penyelenggaraan Ibadah Haji dan Umroh, Ansori F Citra, menyatakan bahwa jumlah tersebut didapatkan dari laporan Pendirian Penyelenggara Perjalanan Ibadah Umrah (PPIU).

"Pada tahun 2023 kemarin berdasarkan laporan yang disampaikan oleh para PPIU untuk warga Lampung yang melaksanakan ibadah umroh sebanyak 9.411 orang," kata Ansori, Minggu 25 Februari 2024.

Ansori menjelaskan bahwa sebenarnya jumlah pemberangkatan umroh warga Lampung lebih tinggi, namun beberapa PPIU tidak melaporkan datanya. 

BACA JUGA:PLN UID Lampung Imbau Warga Tingkatkan Kewaspadaan Hadapi Bencana Banjir

"Dari total, 3.695 orang berjenis kelamin laki-laki, sementara 5.716 orang perempuan," jelasnya.

"Sebenarnya warga Lampung itu yang melaksanakan ibadah umroh itu lebih banyak dari data yang tadi disampaikan tetapi memang banyak PPIU yang tidak melaporkan datanya kepada kami," sambungnya.

Ia menyebutkan bahwa terdapat 84 PPIU resmi di Lampung, dengan 64 kantor cabang dan 20 kantor pusat.

Meskipun seharusnya PPIU melaporkan jumlah warga yang berangkat, tidak ada sanksi yang diberlakukan.

BACA JUGA:6.742 Calon Jemaah Haji Lampung Sudah Melunasi Bipih Tahap 1

Ansori menyoroti minat tinggi masyarakat Lampung terhadap ibadah umroh, mempertimbangkan Bandara Radin Inten untuk dijadikan embarkasi penuh.

Setiap bulan, lebih dari seribu orang berangkat umroh, dengan satu pesawat tiap minggu.

Dalam imbaunya, Ansori menyarankan masyarakat untuk melaksanakan ibadah umroh melalui PPIU dan menghindari perjalanan umroh backpacker.

 Meskipun Arab Saudi membuka visa bebas, Ansori menegaskan pentingnya aturan dan tanggung jawab yang dijamin oleh biro perjalanan resmi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: