Harga Cabai Merah di Lampung Kian Melambung Akibat Produksi Menurun

Harga Cabai Merah di Lampung Kian Melambung Akibat Produksi Menurun

--

MEDIALAMPUNG.CO.ID - Kenaikan harga cabai merah terjadi akibat penurunan produktivitas di beberapa daerah sentra pertanian di Lampung, terutama disebabkan serangan hama dan cuaca ekstrem.

Meskipun stok saat ini masih berlebih, produktivitas per hektare menurun drastis menjadi 4 ton dari biasanya 10 ton. 

"Cabai merah besar ini emang agak sedikit problem, untuk ketersediaan kita sampai saat ini masih cukup. Dari Februari sampai April kita punya 15.082 ton sementara untuk kebutuhan 14.923 ton sehingga masih surplus 159 ton," kata Kepala Dinas Ketahanan Pangan Tanaman Pangan dan Holtikultura Provinsi Lampung, Bani Ispriyanto, Kamis 22 Februari 2024.

Bani menjelaskan jika tanaman cabai di beberapa daerah yang menjadi sentra penghasil seperti Kabupaten Tulangbawang Barat, Lampung Selatan dan juga Pringsewu saat ini tengah di serang hama akibat musim hujan.

BACA JUGA:Jelang Ramadhan, Gubernur Arinal Minta TPID se-Lampung Jaga Ketersediaan dan Stabilitas Harga Kebutuhan Pokok

"Memang surplus nya tidak besar, karena saat ini ada beberapa wilayah seperti di Tulangbawang Barat, Lampung Selatan dan Pringsewu ini sebagian besar terkana jamur karena musim penghujan. Sehingga tekena kutu putih dan lalat, tapi sudah dikendalikan," jelasnya.

Dengan adanya hama tersebut menyebabkan produktivitas cabai menjadi berkurang.

Dimana sebelum nya dalam satu hektare mencapai 10 ton namun saat ini hanya tersisa menjadi 4 ton per hektare.

"Bukan tidak panen masih ada panen tetapi jumlah nya menurun. Karena memang biasanya 10 ton per hektare tapi saat ini hanya mencapai 4 ton per hektare jadi memang agak berkurang," ungkapnya.

BACA JUGA:Menyikapi Ketersediaan Beras Disinyalir Langka, Gubernur Arinal Tinjau Operasi Pasar Beras

Bani juga mengatakan untuk suplay yang didatangkan dari Jawa Tengah juga terganggu hal itu  karena sebagian daerah penghasil cabai di Jawa Tengah saat ini terpendam banjir.

"Untuk suplay dari Jawa Tengah itu memang sedikit berkurang karena beberapa wilayah di Jawa Tengah untuk pertanaman cabai terkena banjir menyebabkan gagal panen," jelasnya.

Lanjutnya untuk harga sendiri pihaknya tidak bisa melakukan intervensi. 

Dimana untuk harga cabai merah ditentukan oleh offtaker yang ada dimasing-masing kabupaten/kota.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: