Disbunnak Lampung Barat akan Alokasikan Bantuan Ternak Lebah

Disbunnak Lampung Barat akan Alokasikan Bantuan Ternak Lebah

Ilustrasi ternak lebah-Freepik.com@wirestock-

LAMBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID - Pemkab Lampung Barat melalui Dinas Perkebunan dan Peternakan (Disbunnak) tahun ini akan mengalokasikan bantuan bibit ternak lebah untuk masyarakat.

“Bantuan bibit ternak lebah akan dialokasikan di Kecamatan Batuketulis dan Kecamatan Lumbokseminung,” ungkap Kepala Disbunnak Lampung Barat Yudha Setiawan, S.I.P, Jumat 16 Februari 2024.

Dijelaskannya, bantuan yang akan dialokasikan berupa bibit ternak lebah Trigona delapan kotak serta bibit tanaman untuk pakan lebah berupa bibit tanaman air mata pengantin 70 batang, bibit bunga sentos lemon 100 batang, akasia mangium 100 batang serta bibit belimbing ratu 100 batang.

“Setiap kelompok akan menerima bantuan bibit ternak lebah 4 kotak, bibit tanaman air mata pengantin 35 batang, bibit bunga santos lemon 50 batang, akasia mangium 50 batang, serta bibit belimbing ratu 50 batang,” kata dia.

BACA JUGA:Lagi, Rutan Krui Geledah Kamar WBP

BACA JUGA:Material Longsor di Jalan Liwa-Krui Kembali Turun, BPJN Langsung Operasikan Alat Berat

Kata dia, pengembangan lebah dapat memberikan dampak yang positif terhadap program kelestarian hutan maupun lingkungan, sebab salah satu aktivitas masyarakat dalam budidaya lebah yaitu melakukan penanaman dan pemeliharaan tanaman secara berkelanjutan sebagai sumber pakan lebah.

"Masyarakat bisa memanfaatkan dan memperoleh hasil alam tanpa merusak lingkungan sekitar," jelasnya.

Seraya menambahkan, untuk kelompok penerima bantuan belum ditetapkan karena masih akan dilakukan verifikasi calon lokasi calon petani (CPCL) penerima manfaat.  

“Bantuan bibit lebah dan tanaman tersebut bersumber dari APBD Lampung barat 2024,” ujar dia.

BACA JUGA:Tim Jitupasna Pesbar Serahkan Bantuan Buffer Stock dan Sembako

BACA JUGA:Diskes Pesisir Barat Catat 16 Penyelenggara Pemilu dan Pemilih Sakit

Lebih jauh Yudha mengatakan, tujuan utama diberikannya bantuan tersebut adalah untuk meningkatkan penghasilan petani serta dalam rangka mendukung konservasi. 

“Melalui bantuan bibit lebah dan tanaman ini, kita ingin meningkatkan pendapatan petani. Jadi nanti hasil madu dari ternak lebah tersebut dapat dijual sehingga menambah pendapatan petani,” tutupnya.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: