Sempat Dibiarkan Terpampang di Masa Tenang, APK Prabowo-Gibran di Lampung Barat Diturunkan

Sempat Dibiarkan Terpampang di Masa Tenang, APK Prabowo-Gibran di Lampung Barat Diturunkan

--

LAMBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID - Setelah sebelumnya terjadi sejumlah drama, akhirnya Alat Peraga Kampanye (APK) milik Calon Presiden dan Wakil Presiden (Capres-Cawapres) nomor urut 02 Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka yang terpasang di dekat jembatan jalan nasional Pekon Sebarus Kecamatan Balik Bukit, akhirnya diturunkan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) sekitar pukul 15.30 WIB, Selasa 13 Februari 2024.

"Sudah diturunkan oleh kawan-kawan PPK bersama dengan kawan-kawan Panwascam tadi," ungkap Komisioner KPU Lampung Barat Divisi Teknis dan Penyelenggaraan Pemilu Syarif Ediansyah, SHI, MM.

Sebelumnya,  Ketua Bawaslu Lampung Barat Novri Jonestama mengaku pihaknya telah berkoordinasi dengan KPU dan juga Satuan Polisi Pamong Praja, Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (Satpol-PP, Damkar dan Penyelamatan) untuk menurunkan semua APK.

"Kami sudha koordinasikan, kemungkinkan ada kendala karena memang posisi tempat pemasangan APK tersebut tinggi sehingga memerlukan peralatan khusus," ungkap Novri Jonestama.

BACA JUGA:Pastikan Pemilu Lancar, Pj Bupati dan Forkopimda Cek Kesiapan Sejumlah TPS di Lampung Barat

BACA JUGA:Disdukcapil Lampung Barat Buka Pelayanan Saat Hari Pencoblosan

Dilain pihak Ketua KPU Lampung Barat mengaku pihaknya telah bekerjasama dengan Satpol-PP, Damkar dan Penyelamatan Lampung Barat untuk menurunkan seluruh APK, namun terdapat kendala di beberapa APK tersebut.

"Posisi APK tersebut tinggi sehingga memerlukan mobil crane dalam penurunan APK tersebut, kamu sudah koordinasikan dan ternyata mobil crane milik DLH rusak, sehingga saat ini kami masih mencari orang yang berani memanjat dan menurunkan APK tersebut," ujarnya.

Sementara Kabid Penegakan Perda dan Perbup pada Satpol-PP, Damkar dan Penyelamatan  Lampung Barat Tamrin mengaku pihaknya telah menurunkan hampir 1.000 APK dalam beberapa hari terakhir.

Hanya saja, kata dia, berdasarkan hasil inventarisasi yang dilakukan pihaknya, ada sekitar 9 APK yang belum diturunkan, karena pihaknya kesulitan.

BACA JUGA:APK Prabowo-Gibran Masih Berdiri Kokoh di Lampung Barat Dimasa Tenang

BACA JUGA:KPU Lampung Barat Musnahkan 776 Lembar Surat Suara Lebih

"Kami kesulitan untuk menurunkan, termasuk yang di Sebarus dan Pasar Liwa, karena kami sudah koordinasi ke DLH dan menurunkan mobil crane, namun mengalami kerusakan," pungkasnya. *

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: