Dinas Perikanan Pesisir Barat Lakukan Pengecekan dan Evakuasi Bangkai Penyu

Dinas Perikanan Pesisir Barat Lakukan Pengecekan dan Evakuasi Bangkai Penyu

Evakuasi bangkai Penyu Lekang di Pantai Labuhan Jukung--

PESBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID - Dinas Perikanan Kabupaten Pesisir Barat (Pesbar) langsung melakukan pengecekan dan juga mengevakuasi bangkai penyu yang ada di pinggir pantai Labuhan Jukung, Kecamatan Pesisir Tengah, Rabu 7 Februari 2024.

Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Pesbar, Armen Qodar, S.P, M.M., mengatakan bahwa, setelah mendapat adanya informasi penyu yang mati dan terdampar di pinggir pantai Labuhan Jukung tersebut, pihaknya juga langsung menurunkan petugas ke lokasi untuk melakukan pengecekan. 

Selain itu, sebelum dilakukan tindakan, pihaknya juga sudah berkoordinasi dengan Kementerian Kelauran dan Perikanan (KKP).

“Setelah dikordinasikan dengan KKP, maka bangkai penyu jenis penyu Lekang itu langsung dikuburkan disekitaran wilayah tersebut,” katanya.

BACA JUGA:Segini Insentif Satlinmas yang Ditugaskan di 982 TPS

BACA JUGA:Nukman Tugaskan 2.294 Satlinmas Amankan Tungsura Pemilu 2024

Dikatakannya, sebelum bangkai penyu itu dievakuasi untuk dikuburkan, petugas terlebih dahulu juga melakukan pengukuran terhadap bangkai penyu yang memang merupakan salah satu spesies laut yang dilindungi. 

Dari hasil pengukuran itu, penyu tersebut dengan panjang tubuh 95 centimeter, lebar tubuh 48 centimeter, dan panjang kepala 22 centimeter, serta panjang kaki 34 centimeter, dengan berat kurang lebih 50 kilogram.

“Kita belum mengetahui pasti penyebab kematian penyu itu, dan dari hasil pengecekan juga tidak ditemukan adanya tanda-tanda bekas luka ataupun lainnya,” pungkasnya.

Diberitakan sebelumnya, seekor penyu ukuran besar ditemukan mati di pinggir pantai Labuhan Jukung, Pekon Kampung Jawa, Kecamatan Pesisir Tengah, Kabupaten Pesisir Barat (Pesbar), dengan kondisi sudah menimbulkan bau busuk, Rabu 7 Februari 2024.

BACA JUGA:Biaya Operasional KPPS Capai Rp3,8 Miliar, Berikut Rinciannya !

BACA JUGA:Dua Pelaku Pencuri Gabah Berhasil Diamankan Polsek Pesisir Tengah

Menurut keterangan warga setempat, Andri, mengatakan bahwa, seekor penyu ukuran besar itu sebelumnya sempat terlihat masih berenang disekitaran pantai ini pada Minggu 4 Februari 2024 petang lalu, dan sempat terbawa arus hingga ke pinggir pantai Labuhan Jukung ini.

"Penyu yang diketahui jenis penyu Lekang itu juga memang sudah dalam kondisi lemas dan saat berada dipinggir pantai, penyu itu sempat ditarik kembali ke laut oleh warga," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: