Di Musrenbang Kecamatan Sumber Jaya, Usulan Ketua PLB Direspon Pj Bupati Lampung Barat

Di Musrenbang Kecamatan Sumber Jaya, Usulan Ketua PLB Direspon Pj Bupati Lampung Barat

--

LAMBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID - Pelaksanaan Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) tingkat kecamatan Kabupaten Lampung Barat,  dalam rangka penyusunan Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) tahun 2025 dibanjiri pameran produk Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM).

Puluhan macam produk UMKM dari makanan hingga kerajinan yang dipamerkan tersebut berasal dari kecamatan Sumber Jaya dan Kebun Tebu Kabupaten Lampung Barat, Provinsi Lampung. 

Untuk diketahui, pelaksanaan Musrenbang tingkat kecamatan Kabupaten Lampung Barat diawali di Gedung Serba Guna (GSG) Bung Karno Kelurahan Tugusari kecamatan Sumber Jaya dan GSG pekon Tri Budi Makmur kecamatan Kebun Tebu, Senin 29 Januari 2024.

Namun, kendati perhelatan Musrebang tingkat Kecamatan dibanjiri pameran UMKM, Teuku Wahyu selaku ketua Pemuda Pemudi Lampung Barat Bersatu (PLB) dalam kesempatan itu menyampaikan inspirasinya terkait UMKM di Lampung Barat.

BACA JUGA:Malam Ini, Pj Bupati Nukman akan Lantik Ratusan Pejabat di Lampung Barat

Menurutnya, Kabupaten Lampung Barat memiliki potensi sangat besar terkait pengembangan pengolahan produk UMKM. 

"Seperti kita ketahui pak bupati Lampung Barat ini memiliki tanah yang sangat subur, bukan hanya sayuran saja yang dapat tumbuh dengan sangat bagus, akan tetapi jenis buah-buahan seperti pisang, kopi dan sebagainya pun tidak kalah kualitasnya dari daerah lain," jelasnya. 

Namun dikatakannya, sampai dengan saat ini masih terkendala terkait pemasaran. 

Oleh karena itu, Wahyu menyampaikan gagasannya terhadap pemasaran UMKM di Lampung Barat.

BACA JUGA:Kecamatan Air Hitam Gelar Apel Bersama Persiapan Pemilu 2024

"Saya mewakili pelaku UMKM di Kabupaten Lampung Barat berharap agar kedepannya disediakan pusat oleh-oleh UMKM. Bahkan kalau bisa dimasukkan pada RKPD tahun 2025," pintanya. 

Penjabat (Pj) Bupati Lampung Barat Drs. Nukman M.M menyambut baik sekaligus menyampaikan apresiasi gagasan yang dilontarkan ketua PLB tersebut.

"Ini masukan yang sangat bagus," kata Nukman yang didampingi Ketua DPRD setempat Edi Novial, S.kom, Ketua TP-PPK Dra. Zelda Naturi Nukman, Asisten dan Kepala Perangkat Daerah ketika menyerap aspirasi masyarakat.  

Pasalnya, dikatakan orang nomor satu di Kabupaten berjuluk negeri di atas awan itu, dengan pengembangan UMKM, kedepannya selain pelaku usaha mampu berinovasi dan bersaing dalam memproduksi maupun mempromosikan produk ke level yang lebih tinggi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: