Tinjau Medical Check Up JCH 2024, M. Yusuf Berharap Keberangkatan Jemaah Lancar

Tinjau Medical Check Up JCH 2024, M. Yusuf Berharap Keberangkatan Jemaah Lancar

--

LAMBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID - Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Lampung Barat Drs. Hi. Muhammad Yusuf, M.M.,Pd didampingi Kasi Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Pirdaus Sablie, Kabag TU RSUD Alimuddin Umar Agus Darma Putra meninjau langsung kegiatan Medical Check Up (MCU) Jemaah Calon Haji (JCH) Tahun 2024 Bertempat di GSG Rumah Sakit Alimudin Umar, Selasa 23 Januari 2024.

Sebagai salah satu tahapan dalam penyelenggaraan ibadah haji, JCH diharuskan melakukan MCH. 

Seperti yang diketahui, Medical Check Up merupakan syarat wajib bagi seluruh jemaah haji terkait kesehatan jemaah yang akan berangkat ke tanah suci. 

Hal ini dilakukan dalam rangka penetapan status istitha'ah (kecakapan) kesehatan jemaah haji. 

BACA JUGA:Jelang Pemilu 2024, Wakapolda Lampung Kunjungi Polres Pesisir Barat

BACA JUGA:Kecewa Dikhianati, Suami Wanita yang Digerebek Bersama Anggota DPRD Lambar Pastikan Tak Ada Kata Damai

M Yusuf mengatakan, pemeriksaan kesehatan jemaah haji bertujuan untuk mengidentifikasi faktor risiko kesehatan jemaah haji yang berpotensi menimbulkan masalah kesehatan saat jemaah haji beribadah di tanah suci.

"Faktor risiko kesehatan tersebut maka upaya pengendalian dapat dilakukan sejak di tanah air hingga masa pelaksanaan ibadah haji di tanah suci. Pemeriksaan kesehatan jemaah haji dilakukan di fasilitas pelayanan kesehatan sesuai domisili jemaah haji dan diinput oleh tim penyelenggara kesehatan haji di Kabupaten ke dalam Sistem Komputerisasi Haji Terpadu Bidang Kesehatan (Siskohatkes)," jelasnya. 

Ia menambahkan bahwa ada beberapa tahapan pemeriksaan kesehatan bagi jemaah calon haji yaitu general check up, pemeriksaan kognitif, pemeriksaan kesehatan mental, dan pemeriksaan kemampuan melakukan aktivitas keseharian secara mandiri.

"Dengan dilaksanakannya tahapan MCU ini kita berharap semua JCH asal Lampung Barat memenuhi kriteria istitha'ah sehingga dapat melunasi dan berangkat ke tanah suci tahun ini dengan lancar," harapnya.

BACA JUGA:Sholat Tahajud Sebelum Tidur, Ini Penjelasan Ustadz Adi Hidayat

BACA JUGA:Maksimalkan Penerbangan di Bandara MTK, Pemkab Pesisir Barat Koordinasi ke Pemprov Lampung

Ditambahkan, Kabag TU RSUDAU Agus Darma Putra, SP, M.Si., mendampingi Direktur RSUDAU dr. Iman Hendarman, Sp.A, M.Kes., mengatakan, pihaknya telah membagi jadwal untuk seluruh calon jemaah haji yang akan melaksanakan GCU.

Dimulai untuk Senin 22 Januari 2024 untuk calon jemaah dari Bandar Negeri Suoh (BNS), Suoh, Pagardewa dan Way Tenong dengan jumlah 78 orang. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: