Tahun 2024, IKLH di Lampung Barat Ditarget 66.61 Poin

Tahun 2024, IKLH di Lampung Barat Ditarget 66.61 Poin

Kabid Pengelolaan dan Pengendalian Lingkungan Hidup DLH Lampung Barat Sukimin, S.I.P, M.M--

BACA JUGA:Ustadz Adi Hidayat Bagikan Larangan Berbuat Zalim di Bulan Rajab

Untuk parameter indeks kualitas udara meliputi sulfur dioksida (S02) dan nitrogen dioksida (NO2). 

Lanjut dia, untuk 5 parameter (PH, DO, COD, BOD dan TSS) dilakukan analisa dan pengecekan di Laboratorium Lingkungan DLH Lambar, serta tiga parameter yaitu fecal coli, nitrat/nitrit dan fosfat akan dianalisa dan di cek di Laboratorium lingkungan DLH Provinsi Lampung.

“Untuk pengambilan sampel air dilaksanakan setiap bulan sekali sedangkan sampel udara dua kali dalam setahun,” kata dia.

Adapun upaya yang akan dilakukan untuk mencapai target IKLH tahun 2024, yaitu menghimbau masyarakat melalui surat edaran untuk tidak melakukan pembakaran sampah, melakukan pembukaan lahan dengan pembakaran dan melakukan pembuangan sampah ke badan air/khususnya sungai serta menerapkan konsep eco office dalam berbagai kegiatan.

BACA JUGA:Mahasiswa Universitas Lampung Terlantar saat Melakukan Kegiatan Kuliah Kerja Lapangan

Upaya lainnya, lanjut Sukimin, yaitu bekerjasama dan berkoordinasi dengan instansi terkait dalam rangka mengurangi pembukaan hutan untuk lokasi perkebunan/pertanian.

“Kita menghimbau masyarakat untuk meningkatkan penggunaan pupuk organik dan mengurangi penggunaan pupuk kimia dalam proses/kegiatan pertanian/perkebunan, serta meningkatkan pengawasan terhadap usaha dan atau kegiatan yang berpotensi berdampak pada kelestarian lingkungan,” ujar dia.

Lebih jauh Sukimin mengatakan, pada tahun 2023 lalu, IKLH di Kabupaten Lampung Barat telah terealisasi 70,55 poin dari target 65,99 poin.

Hal itu berdasarkan Surat Direktur Jenderal Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Nomor : S.1127/PPKC/SETPPKC/REN.0/B/12/2023 tanggal 4 Desember 2023 Tentang Penyampaian Hasil Nilai IKLH Tahun 2023.   

BACA JUGA:BPNT 2024 KPM KKS Himbara dan PT Pos Mendapatkan Bansos Tambahan Rp 400 Ribu

“Jika dibandingkan nilai IKLH tahun 2022 sebesar 68,31 poin,  nilai IKLH Kabupaten Lampung Barat tahun 2023 ada kenaikan sebesar 2,24 poin. Nilai IKLH Kabupaten Lampung Barat tahun 2023 sebesar 70,55 poin masuk kategori baik,” tegas dia seraya menambahkan, pihaknya berharap target IKLH tahun ini tercapai target. *

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: