Bupati Pesisir Barat Lantik Peratin PAW Pekon Kota Jawa

Bupati Pesisir Barat Lantik Peratin PAW Pekon Kota Jawa

--

PESBAR, MEDIALAMPUNG.CO.IDPeratin hasil Pemilihan Kepala Desa (Peratin) Antar Waktu (PAW) pekon Kota Jawa Kecamatan Bangkunat, Hendra, S.Pd., resmi dilantik Bupati Pesisir Barat (Pesbar) Dr. Drs. Agus Istiqlal, S.H, M.H., di Balai pekon Kota Jawa, Jumat 19 Januari 2024 kemarin.

Hadir dalam kesempatan itu, Pj. Sekda Pesbar, Drs.Jon Edwar, M.Pd., ketua TP-PKK Pesbar Hj.Septi Istiqlal, ketua DWP Pesbar, L. Liastuti, S.Pd, M.M., sejumlah kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemkab Pesbar, Uspika Kecamatan Bangkunat, APDESI Kecamatan Bangkunat, tokoh masyarakat, tokoh adat, serta undangan terkait lainnya.

Dalam sambutannya, Bupati Pesbar Agus Istiqlal, menyampaikan ucapan terimakasih kepada Pj.Peratin, Lembaga Himpun Pekon (LHP), dan panitia pemilihan kepala desa antar waktu di Pekon Kota Jawa hingga terlaksananya proses PAW melalui musyawarah Pekon itu sebelumnya telah terlaksana dengan lancar serta tidak ada hambatan, hingga peratin hasil PAW di Pekon Kota Jawa tersebut kini telah dilantik.

“Sebagai pemimpin penyelenggara Pemerintahan yang ada di Pekon, tentu Peratin merupakan pengambil keputusan sekaligus penanggung jawab setiap kebijakan yang akan diambil dan dilaksanakan oleh Pemerintahan Pekon,” ujarnya.

BACA JUGA:Ratusan Ormas-LSM Terdaftar di Bakesbangpol Lampung Barat

Karena itu, lanjutnya, dalam menjalankan tugas menyelenggarakan urusan pembangunan, Peratin dituntut untuk mampu menggali dan mengelola potensi Sumber Daya Alam (SDA) dan Sumber Daya Manusia (SDM) yang dimiliki di Pekon Kota Jawa ini. 

Selain itu, Peratin juga dituntut mampu mensinergikan antara potensi dan program Pemerintahan Pekon dengan program Pemerintah yang diterima Pekon.

“Sinergitas tersebut jelas sangat diperlukan untuk menghindari adanya tumpang tindih dalam pelaksanaan pembangunan yang ada di Pekon. Baik melalui anggaran dana desa, APBD Kabupaten maupun sumber anggaran Pemerintah lainnya,” jelasnya.

Masih kata Agus Istiqlal, pihaknya juga menekankan beberapa hal dalam penyelenggaraan Pemerintahan Pekon, antara lain agar Peratin yang telah dilantik ini untuk segera menyesuaikan diri dan bekerja dengan memahami situasi, kondisi, potensi, permasalahan, serta aspirasi yang ada di masyarakat. 

BACA JUGA:Kapolsek BNS Bersama Ketua Bhayangkari Pimpin Baksos di Sejumlah Pekon

Selain itu, tetap mengedepankan budaya jujur, gotong royong, kebersamaan, dan terbuka didalam bekerja dan melayani masyarakat di pekonnya.

“Sebagai peratin juga harus mampu meningkatkan kapasitas SDM dan inovasi untuk menghindari persoalan, menjalin hubungan yang harmonis antara Pemerintahan Pekon dengan LHP,” ungkapnya.

Ditambahkannya, sebagai Peratin juga harus dapat bekerjasama dengan mitra di tingkat Pekon. 

Dengan begitu penyelenggaraan, pembangunan, dan pemberdayaan masyarakat menjadi salah satu pilar kokohnya dalam menentukan kemajuan pembangunan Pekon. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: