Sepanjang Tahun 2023, AUTP di Lampung Barat Tidak Ada Pendaftar

Sepanjang Tahun 2023, AUTP di Lampung Barat Tidak Ada Pendaftar

Kepala DTPH Lambar Ir. Nata Djudin Amran--

LAMBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID - Program Asuransi Usaha Tani Padi (AUTP) di Kabupaten Lampung Barat tahun 2023 ini tidak tercapai target.

Pasalnya, dari target 1.000 hektar hingga akhir tahun 2023 tidak ada pendaftar.

Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura (DTPH) Nata Djudin Amran mengaku bahwa selama ini pihaknya telah gencar mensosialisasikan program AUTP kepada kelompok tani maupun gabungan kelompok tani yang ada di Kabupaten Lampung Barat namun masih saja kelompok tani belum ada yang berminat untuk mendaftar.

Padahal tahun ini petani tidak perlu lagi membayar biaya premi setiap bulannya karena biayanya telah ditanggung oleh Pemerintah Provinsi Lampung.

BACA JUGA:Tutup Tahun 2023, Pj Peratin Misno Gerakkan Warga Gotong Royong Bersihkan Lingkungan

“Untuk biaya preminya gratis tapi petani masih juga enggan untuk mendaftar, padahal kita melalui penyuluh pertanian sudah mensosialisasikannya,” kata dia.

Lanjut Nata, tahun ini Kabupaten Lampung Barat mendapatkan kuota dari Pemerintah Provinsi Lampung untuk lahan seluas 1.000 hektar.

“Kuota se Provinsi Lampung 30.000 hektar dan untuk Lampung Barat mendapat kuota 1.000 hektar lahan persawahan didaftarkan AUTP, namun sampai saat ini belum ada satupun kelompok tani yang mendaftarkan lahannya,” ucapnya.

Lebih jauh dia mengatakan, AUTP ini sangat membantu petani, jika halnya tanamannya diserang oleh hama penyakit dan terkena bencana alam dan serangan hama atau penyakit dengan tingkat kerusakan/kegagalan panen mencapai 75%. 

BACA JUGA:Turnamen Badminton Season 3 PB Serai Serumpun Pekon Sukaraja Meriah

"Kalau petani mengalami gagal panen akibat bencana alam dan serangan hama/penyakit, maka dana klaimnya mencapai Rp6 juta/Ha musim tanam, jadi program AUTP ini sangat membantu petani,” pungkas dia. *

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: