Satgas PB Pekon Purajaya Diberikan Pelatihan Tanggap Bencana

Satgas PB Pekon Purajaya Diberikan Pelatihan Tanggap Bencana

--

LAMBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID - Tutup Tahun Anggaran (TA) 2023 Pemerintah Pekon Purajaya, Kecamatan Kebun Tebu, Kabupaten Lampung Barat (Lambar) melaksanakan kegiatan pelatihan tanggap bencana, yang diikuti 30 orang Satgas Penanggulangan Bencana (PB) pekon tersebut Senin 26 Desember 2023.

Dalam pelatihan tanggap bencana bersumber dari Anggaran Pendapatan Belanja Desa (APBDes) 2023 itu dibuka langsung Camat Kebun Tebu Ernawati, S.E., yang dihadiri Peratin Pura Jaya Samsu Kendar, S.Hut, dan jajaran aparat dengan pemateri dari Unit Pemadam Kebakaran (Damkar) Kebun Tebu Juhai dan Palang Merah Indonesia PMI Kebun Tebu Meriyansah. 

Dalam pelatihan itu selain kegiatan teori yakni pemahaman terkait penanganan bencana, diantaranya upaya penanganan jika terjadi bencana, diantaranya penentuan jalur evakuasi, dan lainnya. 

Serta dari Damkar seperti tata cara penggunaan Alat Pemadaman Api Ringan (Apar), cara mematikan api ketika terjadi kebocoran gas elpiji (LPG) serta lain-lainnya. 

BACA JUGA:Kunjungan Wisatawan Diklaim Disporapar Lampung Barat Mencapai 1,3 Juta, Tapi PAD Nol Persen

Dalam pelatihan itu dilakukan simulasi cara pemadaman api maupun penanganan bencana lainnya kepada anggota tagana pekon tersebut.

Dalam sambutannya Ernawati menyampaikan mengapresiasi terkait pelatihan tersebut, karena memang masyarakat Lambar dituntut untuk dapat melakukan tindakan ketika terjadi bencana alam, lantaran kabupaten ini merupakan wilayah yang rawan bencana, baik banjir, longsor dan berada di garis mango tektonik. 

Dan atas dasar itu salah satu komitmen Pemkab Lambar menjadikan Lambar sebagai kabupaten tangguh bencana. 

Sementara Samsu Kendar mengatakan keberadaan tagana tentunya bukan hanya sekedar organisasi biasa, melainkan memang perlu diberikan wawasan dalam menjalankan tugas yakni penanganan bencana.

BACA JUGA:KPU Lampung Barat Lakukan Simulasi Tungsura

Sehingga melalui pelatihan seperti ini akan semakin memahami terhadap tanggung jawab dan cara dalam melakukan tindakan pencegahan, maupun penanganan terhadap musibah.

Pihaknya juga menyampaikan pesan kepada personil tagana agar pengetahuan yang didapat untuk disalurkan kepada masyarakat, sehingga warga juga dapat melakukan penanganan secara mandiri dan tepat tatkala ada musibah yang terjadi.

Pada kesempatan itu Samsi Kendar tak ketinggalan sampaikan ucapan terimakasih kepada camat dan jajaran yang telah memberikan pembinaan penuh kepada pekon dalam menjalankan roda pemerintahan. 

Begitu juga kepada pihak pemberi materi dirinya atas nama Satgas PB Pekon Purajaya menyampaikan terimakasih atas waktu dan ilmu yang diketuk telurkan kepada Tagana, semoga apa yang diajarkan menjadi pengetahuan dalam penanganan bencana.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: