Tahapan Haji 2024 Bergulir, Kemenag Lakukan Rekrutmen PPIH

Tahapan Haji 2024 Bergulir, Kemenag Lakukan Rekrutmen PPIH

--

LAMBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID - Dalam rangka menunjang kelancaran Haji Tahun 2024, Kementerian Agama RI melalui Kemenag Provinsi melaksanakan Computer Asissted Test (CAT) Rekrutmen Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Kloter dan PPIH Arab Saudi Bertempatdi Aula Kankemenag Lambar Sabtu, 23 Desember 2023.

Diketahui, itu menjadi salah satu tahapan dalam rangka persiapan penyelenggaraan haji tahun 1445 H/2024 M. 

Dimana, kementerian agama secara serentak sudah memulai tahapan persiapan, diantaranya rekrutmen calon petugas haji, baik PPIH Kloter atau petugas yang mendampingi jemaah haji di masing-masing kloter, maupun calon Petugas PPIH Arab Saudi. 

Diantaranya petugas akomodasi, konsumsi, transfortasi dan juga Siskohat. 

BACA JUGA:PPK Batu Ketulis Matangkan Kesiapan Pemilu di Wilayah Perbatasan

Suasana seketika hening saat pelaksanaan CAT dimulai, yang mana seluruh peserta harus fokus untuk menyelesaikan seluruh pertanyaan dengan memberikan jawaban yang menurutnya sangat tepat, dikarenakan waktu yang diberikan hanya 90 menit untuk menyelesaikan 100 soal. 

Seperti yang diketahui, seluruh petugas PPIH Kloter maupun PPIH Arab Saudi harus benar-benar mengetahui gambaran kegiatan yang akan dilakukan oleh petugas dalam memberikan pendampingan terhadap Jemaah Calon Haji (JCH). 

Tujuannya tidak lain ialah untuk memberikan pelayanan yang maksimal terhadap jemaah saat melaksanakan rangkaian kegiatan terkait ibadah haji.

Hal tersebut juga dijelaskan okeh Kasi Penyelenggaraan Haji dan Umroh Pirdaus Sablie bahwa petugas PPIH harus memberikan pelayanan perhajian dan melakukan koordinasi serta pengawasan atas penyelenggaraan ibadah haji. 

BACA JUGA:Gerebek Gelanggang Sabung Ayam di Padang Rindu, Puluhan Kendaraan Diamankan

“Petugas PPIH diminta memahami tugas dalam melayani jemaah haji, untuk itu Petugas harus benar-benar paham dengan tugasnya, terutama saat fase Arafah, Muzdalifah dan Mina (Armuzna/Armina). Intinya, petugas haruslah sosok yang handal,” terangnya.

Untuk diketahui, tahapan seleksi calon petugas diawali dengan seleksi di Kabupaten.

Pirdaus merinci proses dimulai dari seleksi berkas, dan test CAT. 

Sedangkan peserta dari Kab. Lambar yang lolos verifikasi ada 6 orang, terdiri dari 2 orang ketua kloter, 1 orang pelayanan akomodasi, 2 orang pelayanan konsumsi, dan 1 orang Siskohat.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: