Saekhudin Buka Pelatihan Penguatan Kapasitas Pengelola BUMDesma LKD

Saekhudin Buka Pelatihan Penguatan Kapasitas Pengelola BUMDesma LKD

--

LAMBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID - Jumat, 23 November 2023  merupakan momen yang ditunggu bagi Badan Usaha Milik Desa Bersama Lembaga Keuangan Desa (BUMDesma LKD) di Kabupaten Lampung Barat.

Setelah melalui proses dan tahapan yang panjang selama satu tahun, akhirnya BUMDesma LKD Lambar dapat berkumpul bersama dalam event kegiatan Peningkatan Kapasitas  Pengelola BUMDesma LKD.

Yang diselenggarakan secara bersama, oleh BUMDesma Cahya Sejahtera Kecamatan Sekincau selaku inisiator, BUMDesma Kecamatan Balik Bukit, BUMDesma Nirwana Sejahtera Kecamatan Suoh, BUMDesma  Berkah Nirwana Sejahtera Kecamatan Bandar Negeri Suoh dan BUMDesma Mandiri Lestari Kecamatan Batu Brak. Selama dua hari Jumat - Sabtu. 

Ketua Panitia Pelatihan Agung Widadi menyampaikan, peserta kegiatan tersebut terdiri dari pengelola dan perwakilan Pendamping Desa di masing-masing kecamatan lokasi BUMDesma LKD. 

BACA JUGA:Maknai Hari Ibu TP-PKK Pekon Trimulyo Gelar Jalan Sehat Lomba dan Turnamen

Kelima BUMDesma LKD tersebut merupakan lembaga yang awalnya adalah UPK eks PNPM-MPD yang kemudian ditransformasi menjadi BUM Desa Bersama LKD sebagaimana amanat dari Permendes PDTT Nomor 15 Tahun 2021 tentang Tata Cara Pembentukan Pengelola Kegiatan Dana Bergulir Masyarakat Eks PNPM-MPD menjadi BUMDesma.

Kegiatan dibuka Kepala Dinas PMP Lambar Syaekhuddin, yang menekankan bahwa kebijakan transformasi sudah dimulai dari tahun 2021.

Setelah melalui proses yang panjang dalam memfasilitasi kebijakan ini, hingga akhir tahun 2023 ini, di Lampung Barat, sudah ada enam UPK eks PNPM-MPd yang dapat dilakukan transformasi menjadi BUMDesma LKD. 

"Pasca terbentuknya BUMDesma LKD ini, tentu hal yang paling utama harus dilakukan adalah penguatan kelembagaan BUMDesma LKD itu sendiri, Dimana salah satu penguatan kelembagaan adalah menguatkan kapasitas sumber daya manusianya," pesannya.

BACA JUGA:315 Guru di Kabupaten Lampung Barat Lulus Seleksi PPPK 2023. Cek Ini Rinciannya!

Kadis PMP Lambar juga menekankan bahwa  kedepan penting dilakukan penguatan kapasitas yang lebih mendalam, misalnya penguatan dalam penguasaan laporan keuangan, manajemen pemasaran dan hal lain yang sifatnya lebih spesifik.

Tenaga Ahli Pemberdayaan Masyarakat  Lampung Barat, Ardian Oktora menambahkan, pasca terbentuknya BUMDesma LKD perlu dilakukan konsolidasi kelembagaan yang salah satu opsinya adalah dibentuk forum komunikasi.

Forum ini akan sangat bermanfaat dalam  membangun kerjasama antar BUMDesma LKD itu sendiri ataupun membangun kerjasama dengan pihak lain.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: