Mulai Difungsikan, Peratin Kenali Serahkan Hasil Pembangunan Fasilitas Air Bersih untuk 30 Kepala Keluarga

Mulai Difungsikan, Peratin Kenali Serahkan Hasil Pembangunan Fasilitas Air Bersih untuk 30 Kepala Keluarga

--

LAMBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID - Untuk membantu memenuhi kebutuhan air bersih bagi 30 Kepala Keluarga di Pemangku I dan V Pekon Kenali, Kecamatan Belalau, Kabupaten Lampung Barat

Pemerintah pekon setempat membangun fasilitas air bersih sumur bor di dua titik bersumber alokasi dana desa tahun 2023.

Fasilitas air bersih tersebut kini sudah dapat difungsikan yang ditandai dengan penyerahan secara simbolis dari pemerintah pekon bersama LHP kepada masyarakat penerima manfaat di dua pemangku tersebut.

Peratin Kenali Adi Praja menuturkan, kesulitan dalam memenuhi kebutuhan air bersih selama ini masih dirasakan oleh masyarakat di Pemangku I dan V. 

BACA JUGA:Panwascam Batu Ketulis Blusukan Awasi Tahapan Pemilu di Wilayah Perbatasan

Sehingga dalam penyusunan rencana kerja pemerintah (RKP) tahun 2023, pihaknya menempatkan pembangunan dua titik sumur bor sebagai salah satu prioritas dana desa.

“Fasilitas air bersih menjadi salah satu hal yang paling urgen, apalagi saat memasuki musim kemarau masyarakat kesulitan untuk mendapat pasokan air bersih, karena itu kita prioritaskan pembuatan sumur bor yang Alhamdulillah saat ini sudah bisa di fungsikan dan sudah kita serahkan ke masyarakat," ucap Adi.

Fasilitas air bersih itu, terusnya, akan menjangkau sebanyak 15 kepala keluarga untuk satu titiknya. 

Sehingga pembangunan dua titik sumur bor tersebut mampu mengatasi kesulitan air bersih untuk 30 kepala keluarga.

BACA JUGA:KPU Pesisir Barat Terima Logistik Surat Suara

Lebih lanjut adi menerangkan bahwa melalui penyediaan fasilitas air bersih ini dipastikan kuantitas air untuk masyarakat akan lebih terjamin jika dibanding sebelumnya mengandalkan air PAM yang apabila musim kemarau terdampak kekeringan.

“Masyarakat memang sudah sejak lama mendambakan adanya sarana air bersih ini, sebab setiap memasuki musim kemarau pasokan air bersih sudah didapat karena air sungai mengecil,” imbuhnya.

Selain mampu mengatasi kesulitan masyarakat juga sejalan dengan amanat pemerintah pusat yakni dalam rangka membantu penanganan prevalensi angka stunting yang salah satunya tersedianya sarana air bersih.

“Ini juga bagian dari upaya pencegahan stunting, karena penyebab stunting itu kan ada banyak faktor, diantaranya masyarakat tidak memiliki ketersediaan sarana air bersih dan sanitasi, jadi sesuai amanat pada prioritas dana desa kita bangun sumur bor,” pungkas dia. *

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: