Hadiri Penyaluran BLT Dana Desa Tahap Akhir di Pekon Walur, Begini Pesan Camat Krui Selatan Untuk Warganya

Hadiri Penyaluran BLT Dana Desa Tahap Akhir di Pekon Walur, Begini Pesan Camat Krui Selatan Untuk Warganya

--

PESBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID — Pemerintah Pekon Walur Kecamatan Krui Selatan, Kabupaten Pesisir Barat (Pesbar), telah selesai menyalurkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) dana desa tahun 2023 untuk tiga bulan terakhir atau tahap IV yakni Oktober, November dan Desember, di Balai Pekon setempat, Kamis, 21 Desember 2023.

Hadir dalam kesempatan itu, Camat Krui Selatan, Akhmad Firsada Indah, Peratin Walur Yoyon Yufriza, perwakilan Tenaga Ahli P3MD Pesbar, Pendamping Desa, Lembaga Himpun Pekon (LHP), perwakilan unsur pimpinan kecamatan, serta pihak terkait lainnya.

Peratin Walur Yoyon Yufriza, mengatakan, penyaluran BLT dana desa tahap IV merupakan yang terakhir, artinya untuk tiga bulan terakhir yakni Oktober, November dan Desember 2023. 

BACA JUGA:Kuota Pelamar Calon KPPS 9 Pekon di Pesisir Barat Belum Terpenuhi

Untuk itu, diharapkan agar BLT dana desa yang telah disalurkan dapat kembali dimanfaatkan semaksimal mungkin oleh 21 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) di Pekon setempat. 

Tentu dengan adanya BLT dana desa yang kembali disalurkan untuk tiga bulan terakhir sebesar Rp900 ribu/KPM itu jelas sangat membantu.

“Terutama dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari seperti kebutuhan sembako, maupun yang bermanfaat dan kebutuhan prioritas lainnya,” ujarnya.

Sementara itu, Camat Krui Selatan Akhmad Firsada Indah, menyampaikan, BLT dana desa yang kembali disalurkan untuk KPM tersebut tentu salah satunya untuk mendukung percepatan penghapusan kemiskinan ekstrem sesuai amanat dari instruksi Presiden No.4/2022 tentang percepatan penghapusan kemiskinan ekstrem. 

BACA JUGA:Disnaker Lampung Minta PT San Xiong Steel Indonesia Hentikan Alat yang Sudah Tak Layak Digunakan

Pemberian BLT dana desa tersebut merupakan upaya meningkatkan pendapatan keluarga miskin ekstrem yang ada di Pekon.

“Seperti diketahui, bahwa untuk besaran BLT dana desa yang diberikan kepada keluarga miskin ekstrem itu berdasarkan aturan yang berlaku dialokasikan maksimal 25 persen dari total pagu anggaran dana desa di setiap Pekon,” jelasnya.

Masih kata dia, untuk di Kecamatan Krui Selatan saat ini disetiap Pekon sudah mulai menyalurkan BLT dana desa untuk tahap IV atau tahap akhir yakni untuk Oktober, November dan Desember tahun 2023. 

Dengan telah disalurkannya BLT dana desa tahap akhir itu tentu pihaknya juga menyampaikan ucapan terimakasih serta penghargaan yang tinggi kepada Pemerintah Pekon beserta stakeholder terkait, baik LHP, LPM, unsur tenaga Pendamping Desa, Tenaga Ahli P3MD, Babinsa, Bhabinkamtibmas, serta pihak terkait lainnya yang telah menyukseskan program BLT dana desa tahun 2023.

BACA JUGA:Masih Ada Provider Bandel Bayar RPMT, Diskominfotiksan Pesisir Barat Maksimalkan Penagihan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: