BPN Lampung Barat Serahkan 90 Sertifikat Tanah Hak Pakai

BPN Lampung Barat Serahkan 90 Sertifikat Tanah Hak Pakai

--

LAMBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID - Kepala Kantor Pertanahan Kabupaten Lampung Barat Oki Maradha Pratama, S.H, M.H menyerahkan sertifikat tanah hak pakai instansi Pemerintah Kabupaten Lampung Barat kepada Penjabat (Pj) Bupati Lampung Barat Drs. Nukman, M.M yang diwakili oleh Pj Sekretaris Daerah (Sekda) Drs. Adi Utama, Kamis 21 Desember 2023.

Penyerahan sertifikat tanah hak pakai sebanyak 90 bidang tersebut berlangsung di Ruang Kerja Setdakab Lampung Barat dan dihadiri Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (DPUPR) Ir. Ansari dan Kabid Barang Milik Daerah pada Badan Pengelolaan Keuangan Daerah (BPKD) Budi Rahayu. 

Pj. Sekkab Lampung Barat Adi Utama mengucapkan terima kasih kepada Kepala Kantor Pertanahan/BPN Lampung Barat beserta seluruh jajarannya atas kerjasama dan sinergi yang baik dalam mensukseskan sertifikasi tanah aset Pemkab Lampung Barat.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada Kepala BPN atas percepatan pembuatan sertifikat tanah karena sertifikat hak pakai ini adalah langkah penting dalam mengamankan hak atas tanah milik pemerintah daerah, serta masuk dalam program Monitoring Center for Prevention (MCP) KPK,” ujar Adi Utama.

BACA JUGA:Pj Bupati Lampung Barat Launching Buku Roadmap Peran dan Komitmen Multipihak Terhadap Mitigasi Konflik Satwa

Tentu dengan adanya sertifikat hak pakai itu, lanjut Adi Utama, Pemerintah Kabupaten Lampung Barat akan berupaya semaksimal mungkin dalam memanfaatkan lahan tersebut untuk kemajuan daerah dan kesejahteraan masyarakat Lampung Barat. 

“Dengan adanya pemberian sertifikat ini tentunya aset hak atas tanah akan terjamin kepastian hukum dalam penggunaan untuk peningkatan pembangunan di wilayah Kabupaten Lampung Barat,” pungkasnya.

Dilain pihak, Kabid Pertanahan Dinas PUPR Nerpi Juarsa mendampingi Kepala Dinas PUPR Ir. Ansari mengungkapkan, Pemkab Lampung Barat pada tahun 2022 lalu telah mengusulkan kepada Kantor Pertanahan Kabupaten Lampung Barat sebanyak 202 bidang tanah dan tahun 2023 sebanyak 50 bidang tanah untuk dibuatkan sertifikat tanah namun yang terealisasi tahun 2023 ini baru 190 bidang. 

“Dari 252 bidang tanah itu baru 190 sertifikat yang telah jadi dan telah diserahkan kepada Pemerintah Kabupaten Lampung Barat, yaitu tahap I sebanyak 100 sertifikat telah diserahkan pada Selasa 12 Desember 2023 dan tahap II sebanyak 90 sertifikat diserahkan hari ini Kamis 21 Desember 2023. Sementara untuk sisa nya 62 bidang masih dalam proses di Kantor Pertanahan/BPN dan rencananya tahun depan sertifikat tanahnya akan diserahkan,” pungas Nerpi. *

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: