Ini Alasan Presiden AS Joe Biden Indonesia Harus Pindah IKN

Ini Alasan Presiden AS Joe Biden Indonesia Harus Pindah IKN

--

BACA JUGA:Ternyata Ini Alasan Pengungsi Asal Rohingya Melarikan Diri Hingga ke Indonesia

Sementara itu, Badan Antariksa AS, NASA, mengatakan, meningkatnya suhu global dan lapisan es yang mencair membuat banyak kota di pesisir seperti Jakarta menghadapi resiko banjir dan juga luapan air laut yang semakin besar.

Ia menyebut kenaikan laut global yang rata-rata sebesar 3,3 mm per tahun serta adanya tanda badai hujan makin intens ketika atmosfer memanas, akan menjadikan banjir sebagai "hal biasa". Sejak tahun 1990-an bahkan banjir besar telah terjadi di Jakarta dan musim hujan 2007 membawa kerusakan dengan 70% wilayah terendam.

NASA juga mengunggah gambar landsat yang menunjukkan evolusi Jakarta dalam tiga dekade terakhir. Adanya pembabatan hutan dan vegetasi lain dengan permukaan kedap air di daerah pedalaman di sepanjang Sungai Ciliwung dan Cisadane telah mengurangi jumlah air yang dapat diserap.

Ini menyebabkan adanya limpahan serta banjir bandang. Populasi wilayah Jakarta lebih dari dua kali lipat antara tahun 1990 dan 2020 telah membuat lebih banyak orang yang memadati dataran banjir dengan resiko tinggi.

BACA JUGA:Berbeda dengan Eropa, di Asia Banyak Dibangun Gedung Pencakar Lagit, Ini Alasannya

Hal ini kemudian diperparah oleh saluran sungai dan kanal yang menyempit atau tersumbat secara berkala oleh sedimen dan sampah. Sehingga sangat rentan terhadap luapan.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: