Masuk Permukiman, Beruang Madu Mangsa Hewan Ternak di Pesisir Barat

Masuk Permukiman, Beruang Madu Mangsa Hewan Ternak di Pesisir Barat

--

PESBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID — Masyarakat Talang Ceringin Pekon Sukamarga, Kecamatan Bangkunat Kabupaten Pesisir Barat (Pesbar) diresahkan dengan kemunculan seekor beruang yang masuk pemukiman warga di wilayah itu. 

Pasalnya, kemunculan satwa liar itu sempat memangsa satu ekor kambing milik warga setempat, sekitar pukul 01.18 WIB, Kamis, 14 Desember 2023.

Kepala Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Kesatuan Pengelolaan Hutan (KPH) Kabupaten Pesbar, Dadang Trianahadi, S.P, M.M., mengatakan, KPH Pesbar telah mendapat laporan dari team smart patrol di wilayah kecamatan Bangkunat, telah terjadi satwa liar jenis beruang madu memangsa hewan ternak warga di wilayah Talang Caringin Pekon Sukamarga.

“Berdasarkan laporan itu ada satu ekor kambing milik Sugiarto warga di wilayah itu yang dimangsa beruang,” katanya.

BACA JUGA:BKC Lampung Kirim Atlet Karate Mengikuti Kejurnas dan Gashuku Nasional BKC Ke-50 Tahun 2023

Dijelaskannya, setelah mendapat laporan itu team smart patroli bersama masyarakat di wilayah Talang Caringin Pekon Sukamarga bersama-sama mendatangi lokasi kejadian (kandang kambing), dan tidak jauh dari lokasi kandang kambing milik warga atau dengan jarak sekitar 100 meter ditemukan seekor kambing sudah dalam keadaan mati.

“Kambing yang ditemukan mati itu mengalami luka dibagian kepala dan bagian paha belakang,” jelasnya.

Masih kata dia, tidak lama dari kejadian tersebut beruang yang telah memangsa kambing warga itu pun masih berada tidak jauh sekitar lokasi kejadian dan masyarakat bersama team smart patroli bersama-sama mengusir beruang tersebut hingga kembali masuk kedalam hutan. 

Sebelumnya, kejadian serupa sekitar 5 Desember 2023 lalu, di lokasi Talang Caringin tersebut juga terjadi adanya beruang yang memangsa kambing milik Sidi dan Mujiyono.

BACA JUGA:Peringatan Hari Ibu Ke-95, Pj Bupati Lampung Barat Berharap Kaum Wanita Terus Semangat dan Tetap Eksis

“Kondisi itu jelas menjadi perhatian kami dan juga harus tetap menjadi perhatian bersama, karena dikhawatirkan beruang yang merupakan satwa liar tersebut kembali masuk ke pemukiman warga,” ujarnya.

Untuk itu, kata dia, pihaknya juga mengimbau kepada masyarakat untuk tetap waspada dan berhati-hati terutama saat malam hari, dan bagi yang memiliki hewan ternak agar tetap memantau hewan ternaknya saat dikandangkan. 

Serta jika memang masih ditemukan adanya beruang yang masuk ke pemukiman warga tersebut agar segera berkoordinasi dengan team patroli KPH Pesbar.

“Kita minta masyarakat bisa terus berkoordinasi dengan resort KPH yang ada di wilayah Bangkunat tersebut, sehingga jika beruang itu kembali muncul maka bisa langsung ditindaklanjuti agar secepatnya bisa digiring kembali ke dalam hutan,” pungkasnya.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: