Bupati Nanang Ermanto Hadiri Acara Pertemuan dan Pendamping Relawan Sosial se-Lampung Selatan

Bupati Nanang Ermanto Hadiri Acara Pertemuan dan Pendamping Relawan Sosial se-Lampung Selatan

--

LAMSEL, MEDIALAMPUNG.CO.ID – Bupati Lampung Selatan, H. Nanang Ermanto, mengikuti kegiatan Pertemuan dan Pendamping Relawan Sosial se-Kabupaten Lampung Selatan di Aula Sebuku Rumah Dinas Bupati pada Selasa (12 Desember 2023).

Turut hadir dalam acara tersebut, Staf Ahli Bupati Bidang Keuangan Achmad Hery, Staf Ahli Pemerintahan Hukum dan Politik Yanny Munawarty, Asisten Administrasi Umum Badruzzaman, Kepala Perangkat Daerah, para Camat, dan pihak terkait lainnya.

Dalam kesempatan tersebut, Kepala Dinas Sosial Lampung Selatan, Puji Sukanto, menyampaikan bahwa Program Keluarga Harapan (PKH) diimplementasikan untuk mempercepat penanggulangan kemiskinan sekaligus mengembangkan kebijakan perlindungan sosial pemerintah.

"PKH merupakan salah satu strategi penanggulangan kemiskinan yang ditujukan kepada keluarga sangat miskin. Program ini memiliki persyaratan terkait upaya peningkatan sumber daya masyarakat, seperti pendidikan, kesehatan, dan gizi," ujarnya.

Puji Sukanto menjelaskan bahwa berdasarkan Peraturan Menteri Sosial Republik Indonesia Nomor 10 Tahun 2017 tentang Program Keluarga Harapan, terdapat empat tujuan, diantaranya meningkatkan taraf hidup keluarga penerima manfaat melalui akses pendidikan, kesehatan, dan kesejahteraan sosial.

"Hal ini bertujuan mengurangi beban pengeluaran dan meningkatkan pendapatan keluarga miskin serta menciptakan perubahan perilaku dan kemandirian keluarga penerima manfaat dalam mengakses layanan kesehatan, pendidikan, dan kesejahteraan sosial," jelasnya.

Dalam konteks yang sama, Bupati Lampung Selatan, H. Nanang Ermanto, memberikan apresiasi terhadap acara pertemuan dan pendamping relawan sosial se-Kabupaten Lampung Selatan.

"Hari ini, saya mengucapkan selamat kepada yang baru saja mendapatkan penghargaan. Saya mengapresiasi kegiatan ini dan memahami betapa sulitnya para relawan menghadapi kondisi lapangan serta menangani permasalahan yang ada," ucapnya.

Nanang berharap agar para relawan dapat memberikan pendampingan maksimal dalam menyusun rencana kerja penerima PKH di wilayah mereka. 

"Saya berharap mereka dapat bersikap proaktif dalam melakukan sosialisasi kebijakan dan proses PKH, termasuk melakukan pemetaan dan memfasilitasi kelompok Penerima Keluarga Manfaat (PKM) dan PKH berdasarkan kedekatan geografis dan potensi sumber daya," harapnya.

"Saya mengajak para pendamping sosial dan relawan sosial untuk terus membangun koordinasi yang baik antar instansi penyelenggara PKH, sekaligus mencari solusi terhadap masalah yang dihadapi dan menyepakati tindak lanjut yang perlu dilakukan," tandasnya.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: