Bupati Lampung Selatan Bedah Dua Rumah di Desa Canggu Kalianda

Bupati Lampung Selatan Bedah Dua Rumah di Desa Canggu Kalianda

--

LAMSEL, MEDIALAMPUNG.CO.ID – Bupati Lampung Selatan, H. Nanang Ermanto, sekali lagi menegaskan keseriusannya dalam mengatasi kemiskinan ekstrem di wilayahnya. 

Pendekatan ini terwujud melalui inisiatif Bedah Rumah Tak Layak Huni (RTLH), yang dilaksanakan tanpa menggunakan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD).

Pada kesempatan terbaru ini, dua Keluarga Penerima Manfaat (KPM) di Desa Canggu, Kecamatan Kalianda, merasakan dampak positif dari program ini pada Rabu (11 Oktober 2023). 

Bupati Nanang Ermanto secara langsung memberikan bantuan berupa uang tunai sebesar Rp.20 juta kepada Dahlan (43), warga RT 12 Dusun 05 Kubang Handak Desa Canggu. 

Sumber dana bantuan ini berasal dari program Gerakan Seribu Rupiah (Geserbu) Lampung Selatan.

Selanjutnya, bantuan Bedah RTLH kedua diberikan kepada Deni (35), warga RT 10 Dusun 05 Kubang Balak Desa Canggu, Kecamatan Kalianda. 

Dana bantuan ini merupakan hasil kerjasama dengan PT ASDP Indonesia Ferry Cabang Bakauheni.

Bupati Nanang Ermanto menjelaskan bahwa program Bedah RTLH adalah salah satu langkah nyata pemerintah daerah dalam mengatasi kemiskinan ekstrem dan meningkatkan kualitas hidup masyarakat. 

"Alhamdulillah, sekarang pejabat ada Geserbu. Jadi ini nanti segera dibongkar rumahnya, supaya layak huni dan sehat. Ini biasa kami lakukan, pak camat sebagai Koordinator. Kita bersama-sama menuntaskan kemiskinan ekstrim," kata Nanang.

Tak hanya memberikan bantuan, Bupati Nanang juga mengajak masyarakat untuk berpartisipasi aktif dalam proses pembangunan rumah. 

Dengan begitu, diharapkan rumah-rumah tersebut dapat segera dibangun dan dihuni oleh penerima manfaat. 

"Karena ini mempengaruhi perkembangan kita. Kalau rumah kita nggak sehat, bagaimana anak kita akan sehat. Luar biasa, dua rumah langsung hari ini. Pak Kades nanti menyiapkan tenaga untuk bangun rumahnya, gotong royong bersama warga," ujar Nanang.

Sementara itu, Deni (35), salah satu penerima bantuan program Bedah RTLH, warga RT 10 Dusun 05 Kubang Balak Desa Canggu, Kecamatan Kalianda, menyampaikan rasa syukurnya dan mengucapkan terima kasih kepada Bupati Lampung Selatan beserta jajaran. 

Deni merasa sangat terbantu dengan program bantuan bedah rumah dari Pemkab Lampung Selatan. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: