Bupati Lampung Selatan Nanang Ermanto Terima Audiensi KLHK

Bupati Lampung Selatan Nanang Ermanto Terima Audiensi KLHK

--

LAMSEL, MEDIALAMPUNG.CO.ID – Bupati Lampung Selatan, H. Nanang Ermanto, menerima kunjungan dari Direktorat Jenderal Perhutanan Sosial dan Kemitraan Lingkungan (Dirjen PSKL) Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) di ruang Vidcon Rumah Dinas Bupati pada Kamis, 26 Oktober 2023.

Audiensi tersebut diadakan untuk melakukan koordinasi dan sosialisasi terkait Peraturan Presiden No. 28 tahun 2023 tentang perencanaan terpadu dalam percepatan pengelolaan perhutanan sosial.

Catur Endah Prasetiani, S.Hut.M.S.E, M.Sc, selaku Direktur Pengembangan Usaha Perhutanan Sosial Dirjen PSKL, menjelaskan bahwa perencanaan terpadu yang dimaksud mencakup penyusunan rencana untuk mendukung pengelolaan perhutanan sosial secara terintegrasi dan komprehensif antar Kementerian/Lembaga, Pemerintah Daerah Provinsi, Pemerintah Daerah Kabupaten/Kota, dan pihak terkait.

"Dengan program ini, kita ingin menciptakan pengelolaan hutan lestari yang memberikan kesempatan kepada masyarakat untuk menjadi pelaku utama dalam meningkatkan kesejahteraannya," ungkapnya.

Lebih lanjut, Catur Endah menjelaskan bahwa persetujuan pengelolaan perhutanan sosial adalah pemberian akses legal oleh kelompok masyarakat untuk melakukan kegiatan pengelolaan hutan desa yang sesuai dengan klaster wilayah dan fungsinya.

"Pengelolaan perhutanan sosial harus disesuaikan dengan klaster komunitas wilayahnya, seperti pengelolaan untuk ekowisata, hutan konservasi, atau hutan lindung untuk fungsi pariwisata," tambahnya.

Bupati Lampung Selatan, H. Nanang Ermanto, menjelaskan bahwa saat ini kabupaten tersebut fokus pada pembangunan wilayah terpadu, termasuk pengembangan kawasan wisata dan kawasan hutan di desa-desa.

Nanang menyambut baik kehadiran Perhutani untuk memberikan edukasi dan sosialisasi kepada masyarakat dalam mendukung program perhutanan sosial dan program pengelolaan hutan lainnya.

"Kita memiliki program di desa-desa, dan Perhutani dapat terlibat di dalamnya. Yang penting, tidak ada pungutan dan fasilitasi pinjaman kepada masyarakat," jelas Nanang.

Menurutnya, tujuan Pemerintah Daerah adalah mensejahterakan masyarakat dan memanfaatkan potensi daerah, termasuk sektor kehutanan. 

"Kehutanan dan Pemerintah Daerah perlu bekerja sama dengan baik untuk mengembangkan wilayah mana yang memiliki potensi dan dapat dikolaborasikan dengan baik," tegas Nanang.

Setelah berakhirnya audiensi, Bupati Lampung Selatan memimpin rombongan untuk melihat berbagai tanaman di lokasi kebun edukasi yang berada di belakang rumah dinas bupati.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: