Warga Pekon Bumi Agung Desak Pemkab Lampung Barat Perbaiki Jalan Rusak

Warga Pekon Bumi Agung Desak Pemkab Lampung Barat Perbaiki Jalan Rusak

--

LAMBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID - Sejumlah warga di Pekon Bumi Agung Kecamatan Belalau Kabupaten Lampung Barat berharap kepada Pemerintah Kabupaten Lampung Barat untuk memperbaiki ruas jalan yang ada di pekon tersebut. 

Pasalnya, saat ini jalan di pekon setempat kondisinya rusak parah sehingga dikeluhkan masyarakat dan pengguna jalan.

Salah seorang warga Pekon Bumi Agung Cecep Rusdiono mengungkapkan, jalan pekon menjadi jalur utama keluar masuknya perputaran perekonomian masyarakat, sebagai prasarana transportasi yang mampu memberikan pelayanan pendukung seperti dalam bidang pendidikan, perdagangan, pekerjaan dan lain-lain.

Pekon Bumi Agung adalah salah satu pekon yang berada di Kecamatan Belalau, Kabupaten Lampung Barat, Provinsi Lampung yang berjarak lebih kurang 24 Km dengan ibu Kota Liwa. 

BACA JUGA:KPPN Liwa Telah Salurkan BLT DD Tahun 2023 Sebesar Rp14,947 Miliar

Masyarakat Pekon Bumi Agung didominasi oleh petani kopi yang sehingga perlu akses jalan memadai untuk mengangkut hasil panen kopi menuju kios jual beli hasil bumi (bos kopi) terdekat.

“Jika dilihat sejak 5 tahun terakhir sampai sekarang ini belum ada perawatan dan peningkatan pembangunan infrastruktur jalan di Pekon Bumi Agung, dimana di tahun-tahun sebelumnya pembangunan fisik masih kurang, terkhusus perbaikan jalan belum mendapatkan perhatian yang serius dari pemerintah  kabupaten maupun provinsi,” tegas Cecep, Sabtu (9 Desember 2023).

Masih kata dia, mengingat kondisi cuaca yang akhir-akhir ini kerap turun hujan deras, ruas jalan Pekon Bumi Agung berlubang lubang dan sudah terlihat tanah dasar badan jalan untuk kendaraan roda empat sudah sangat sulit untuk memilih jalan yang bisa dilewati sehingga roda kendaraan masuk lubang jalan dan perlu dibantu oleh penduduk setempat untuk mendorong kendaraannya yang terjebak di lubang jalan yang cukup dalam. 

“Lebih mencemaskan lagi jika anak sekolah saat melalui jalan yang sudah rusak itu kerap jatuh dari kendaraan roda duanya. Jika pemerintah tidak segera melakukan perbaikan kita khawatir kondisi kerusakan jalan pekon akan semakin parah bila terus dibiarkan,” kata dia.

BACA JUGA:Perdana Digelar di MWC Sukau, Sudah Ada 64 Calon Kader NU akan Ikuti PD-PKPNU XV

Lanjut dia, jalan yang rusak ternyata bukan hanya di satu titik saja hampir keseluruhan jalan di Pekon Bumi Agung ini terlihat rusak parah, mulai dari Pemangku 3 dan Pemangku 1 Pekon Bumi Agung, akibatnya warga yang mengendarai kendaraan bermotor sulit untuk melintas di jalan tersebut.

“Akses jalan Pekon Bumi Agung ini merupakan juga jalan alternatif ke ibu Kota Liwa yang melewati Pekon Turgak, dan Sukaraja Kecamatan Batu Brak sampai Simpang Kembahang jalan poros lintas Liwa,” ucapnya.

“Kondisi jalan rusak seperti ini rawan sekali akan terjadinya kecelakaan ringan hingga berat dan juga kerusakan kendaraan motor milik masyarakat,” sambungnya.

Lebih jauh dia mengungkapkan, dengan kondisi jalan seperti ini masyarakat  yang terkena dampaknya berusaha bahu membahu gotong royong  demi agar paling tidak bisa dilewati.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: