Soal Retribusi Pasar, Kepala Diskoperindag Lampung Barat Beri Peringatan Keras Kepada Kepala Pasar

Soal Retribusi Pasar, Kepala Diskoperindag Lampung Barat Beri Peringatan Keras Kepada Kepala Pasar

Kepala Dinas Koperasi UKM dan Perdagangan Lampung Barat Tri Umaryani, S.P, M.Si--

LAMBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID - Kepala Dinas Koperasi UKM Perindustrian dan Perdagangan (Diskoperindag) Kabupaten Lampung Barat Tri Umaryani memberikan peringatan keras kepada seluruh kepala pasar (pasar milik pemkab) yang ada di Lampung Barat.  

Hal itu buntut masih rendahnya realisasinya pendapatan asli daerah (PAD) dari sektor retribusi pelayanan pasar dan retribusi penyediaan fasilitas pasar grosir berbagai jenis barang yang dikontrakan pada tahun 2023.

Tri Umaryani mengungkapkan, secara umum realisasi pendapatan asli daerah (PAD) di Diskoperindag hingga akhir November tahun 2023 baru 44,48 persen atau Rp341 juta dari target Rp 767 juta lebih. 

Kemudian khusus untuk realisasi PAD dari sektor retribusi pelayanan pasar baru terealisasi 47.89 persen dan retribusi penyediaan fasilitas pasar grosir berbagai jenis barang yang dikontrakkan baru terealisasi 40.66%. 

BACA JUGA:Camat Kebun Tebu Isyaratkan 2 Pesan di Apel Bulanan Pekon Muarajaya ll

“Terkait masih rendahnya realisasi retribusi pelayanan pasar dan penyediaan fasilitas pasar tersebut, kita menggelar rapat dan sudah memberikan peringatan keras kepada kepala pasar agar segera merealisasikan target PAD tersebut sebelum akhir Desember mendatang,” tegas Tri Umaryani, Senin (4 Desember 2023)

Tri Umaryani mengaku bahwa pihaknya juga terus melakukan upaya agar target PAD di Diskoperindag dapat terealisasi sesuai dengan target. 

“Selain memberikan teguran kepada seluruh kepala pasar, kita juga telah turun kelapangan melakukan pendampingan melakukan penagihan kepada para pedagang,” tegas dia.

Mengingat akhir tahun anggaran 2023 sebentar lagi akan berakhir, Tri Umaryani menekankan kepala seluruh kepala pasar agar lebih mengoptimalkan penagihan retribusi dan menyetorkan hasil penagihannya sehingga sebelum akhir tahun target PAD akan terealisasi 100 persen. 

BACA JUGA:Kinerja DLH Lampung Barat Dipertanyakan, Sampah Jadi Sarang Belatung Akibat Tak Diangkut Petugas

“Kita berharap kepada kepala pasar untuk segera melunasi karena ini akan menjadi bahan evaluasi kinerja kepala pasar untuk tahun yang akan datang,” kata dia 

Seraya menambahkan, jika sampai akhir tahun 2023 nanti target retribusi di masing masing pasar tidak tercapai target maka pihaknya akan mengajukan surat ke Inspektorat. 

“Kalau sampai akhir tahun nanti belum juga lunas (tercapai target), maka kita akan mengajukan surat ke Inspektorat agar dilakukan audit di lapangan,” pungkas dia.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: