Penerapan Sistem MLFF Dimulai 2024, Semua Kartu Tol akan Ditiadakan

Penerapan Sistem MLFF Dimulai 2024, Semua Kartu Tol akan Ditiadakan

--

MEDIALAMPUNG.CO.ID - Pemerintah berencana untuk menghapus penggunaan kartu tol di seluruh gerbang tol mulai tahun 2024, dan sebagai gantinya, Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) akan menerapkan sistem transaksi nontunai nirsentuh atau Multilane Free Flow (MLFF).

Menteri Pekerja Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljo memastikan bahwa sistem pembayaran MLFF akan mengizinkan mobil untuk melewati gerbang tol tanpa berhenti.

Pihaknya menyampaikan bahwa seluruh jalur gerbang tol (GT) tidak lagi menggunakan sistem transaksi pembayaran dengan tapping dengan menempelkan kartu e-toll mulai tahun 2024 mendatang.

Hal tersebut berdasarkan Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) yang hendak menerapkan secarah penuh sistem transaksi nontunai nirsentuh atau layanan menggunakan sistem multilane free flow (MLFF) sebagai pengganti kartu tol tersebut di tahun depan.

BACA JUGA:Harga dan Spesifikasi Samsung Galaxy M34 5G Indonesia, Punya Baterai 6.000mAh Cocok Buat Ngonten Seharian

Dirinya memastikan penerapan sistem pembayaran MLFF semua para pengendara mobil tidak perlu berhenti saat memasuki pintu tol.

Pihaknya juga mengatakan untuk mendukung sistem tersebut, terkait kesiapan teknologi, Basuki menegaskan semuanya sudah dipersiapkan.

“Teknologi pasti sudah siap, tantangannya bagaimana implementasinya kepada masyarakat. Saya optimis proses ini akan berjalan lancar. Ini proses untuk lebih maju dengan memanfaatkan teknologi” katadia.

Lanjutnya lagi menteri PUPR menambahkan simulasi uji coba penerapan MLFF tersebut sudah dimulai di jalan tol Bali-Mandara.

BACA JUGA:Kembangkan Usahamu dengan Pinjaman Modal Lewat KUR BRI yang Kini Masih Terbuka

Menurutnya, uji coba transaksi MLFF ini adalah bagian dari proses transisi seperti halnya dulu peralihan transaksi cash menjadi non cash dengan tapping kartu e-money yang butuh waktu untuk mengubah kebiasaan masyarakat.

Sementara itu, Basuki juga mengungkapkan pada awal penerapan MLFF 2024 mendatang perlu dilaksanakan sosialisasi yang cukup jelas bagi masyarakat terkait teknologi bayar tol tanpa kendaraan perlu berhenti di exit tol itu.

“Agar dipasangkan papan informasi yang jelas untuk jalur khusus uji coba penerapan MLFF sehingga masyarakat siap dari saat sebelumnya masuk jalan Tol Bali-Mandara.” ungkapnya.

Sementara, Direktur jalan bebas hambatan Direktorat Jenderal Bina Marga Kementerian PUPR Triono Junoasmono, turut menambahkan, terkait uji coba transisi tapping e-toll ke MLFF.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: