RSUDAM Luncurkan Aplikasi Sepakat Sehat, Arinal : Pemprov Mendukung Penuh Transformasi Kesehatan

RSUDAM Luncurkan Aplikasi Sepakat Sehat, Arinal : Pemprov Mendukung Penuh Transformasi Kesehatan

--

MEDIALAMPUNG.CO.ID - Gubernur Lampung Arinal Djunaidi, menghadiri Lokakarya Sinergi Implementasi Transformasi Kesehatan di Provinsi Lampung di Hotel Radison pada Rabu 29 November 2023. 

Menteri Kesehatan RI, Budi Gunadi Sadikin menyampaikan melalui Virtual Meeting bahwa Kementerian Kesehatan akan meningkatkan infrastruktur layanan kesehatan di 514 kabupaten/kota.

"Kita hanya akan memberikan sekali dalam bentuk alat kesehatan hal itu untuk bisa membantu 514 kabupaten/kota dan 38 provinsi. Melayani penyakit-penyakit utama yang menyebabkan kematian di seluruh Indonesia," kata Menkes RI.

Adapun fokusnya pada penanganan penyakit utama, seperti stroke, jantung, kanker, diabetes, dan ginjal.

BACA JUGA:Serikat Buruh Lampung Kecewa, PT San Xiong Steel Indonesia Diduga Abaikan Keselamatan Pekerja

Kementerian Kesehatan RI juga mengatasi kekurangan tenaga kesehatan dengan menyediakan 2500 beasiswa setiap tahun bagi dokter yang ingin melanjutkan ke dokter spesialis. 

Sementara Arinal menyebut Provinsi Lampung sebagai pintu gerbang Pulau Sumatera dan berperan penting dalam pelayanan kesehatan.

Rumah Sakit Umum Daerah Abdul Moeloek (RSUDAM) Provinsi Lampung ditunjuk sebagai lokus pengampuan Kementerian Kesehatan RI untuk 9 layanan prioritas, termasuk Kanker, Jantung, Stroke, Uronefrologi, Penyakit Infeksi Emerging, Paru, Gastrohepatologi, Kesehatan Ibu dan Anak serta Diabetes Melitus dan RSJ Daerah Provinsi Lampung sebagai Jejaring Pengampu Kesehatan Jiwa. 

Pemerintah Provinsi Lampung memberikan dukungan penuh terhadap percepatan Program Pengampuan Jejaring Layanan, dengan komitmen untuk memenuhi standar pelayanan dan meningkatkan efisiensi, serta menggunakan "Aplikasi Sepakat Sehat" untuk survei pelatihan kesehatan. 

BACA JUGA:Biaya Ibadah Haji 2024 Sebesar Rp.56 Juta Perjamaah, Ini Penjelasan Kakanwil Kemenag Lampung

Enam pilar transformasi kesehatan ini merupakan upaya perbaikan sistem kesehatan untuk mengatasi ketimpangan kesehatan, baik di dalam negeri, maupun ketimpangan kesehatan antar Negara, terdiri dari :

1. Transformasi Layanan Primer,

2. Transformasi Layanan Rujukan.

3. Transformasi Sistem Ketahanan Kesehatan,

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: