Saluran Irigasi di Way Sindi Hanuan Rusak, Areal Persawahan Terdampak

Saluran Irigasi di Way Sindi Hanuan Rusak, Areal Persawahan Terdampak

--

PESBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID - Sejumlah saluran irigasi di wilayah Kecamatan Karya Penggawa, Kabupaten Pesisir Barat (Pesbar), mengalami kerusakan akibat hujan deras yang terjadi beberapa waktu lalu di wilayah itu.

Kepala BPP Karya Penggawa, Ahmad Joni mengatakan, salah satu saluran irigasi yang mengalami kerusakan dan berdampak pada areal persawahan berada di Pekon Way Sindi Hanuan.

"Salah satu titik saluran irigasi yang berada di Pekon Way Sindi Hanuan mengalami kerusakan, dampaknya sejumlah areal persawahan mengalami kerusakan," kata dia.

Dijelaskannya, kerusakan pada saluran irigasi itu langsung dilakukan perbaikan secara swadaya oleh kelompok tani di sekitar saluran irigasi sehingga bisa dimanfaatkan dan tidak merusak areal persawahan yang ada.

BACA JUGA:Tahun Depan, Masih Ada TKD di Pesisir Barat

"Kelompok tani langsung melakukan perbaikan secara swadaya, dengan menggunakan karung berisi pasir, sehingga saluran irigasi yang ada bisa berfungsi kembali," jelasnya.

Ditambahkannya, perbaikan jaringan irigasi itu kedepannya perlu dilakukan secara permanen, sehingga saluran irigasi yang rusak benar-benar bisa dimaksimalkan untuk memenuhi air pada areal persawahan yang ada.

"Perbaikan permanen perlu dilakukan kedepannya, karena saluran irigasi itu mengalami kerusakan yang cukup parah dikhawatirkan perbaikan sementara yang dilakukan akan kembali mengalami kerusakan," ujarnya.

Sementara itu, Kabid Prasarana Pertanian Ade Kurniawan, S.P., mengatakan, pihaknya telah menerima laporan kerusakan pada jaringan irigasi tersebut, dan dalam waktu dekat akan dilakukan peninjauan untuk mengambil langkah yang akan dilakukan. 

BACA JUGA:SMAN 1 Way Tenong Gelar Upacara Peringatan HGN dan HUT PGRI Ke-78

"Laporan sudah kita terima, nanti akan kita upayakan ditindaklanjuti, apalagi ada areal persawahan yang terdampak dari kerusakan saluran irigasi itu," kata dia singkat.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: